AFC akan Inspeksi Indonesia pada 1-4 September Terkait <i>Bidding</i> Tuan Rumah Piala Asia 2023
Yunus Nusi (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) akan melakukan inspeksi ke Indonesia. Kunjungan ini terkait dengan tawaran menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

AFC sudah mengirim surat balasan yang ditandatangani oleh Sekjen Datuk Seri Windsor John kepada PSSI terkait rencana kunjungan itu.

Dalam surat itu tim AFC disebut akan melalukan inspeksi ke beberapa stadion pada 1-4 September terdekat. PSSI menerima surat balasan pada Senin, 1 Agustus kemarin.

"Tentu kami akan menyambut baik kedatangan mereka. AFC akan mengunjungi beberapa stadion yang menjadi calon tempat bertanding," ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi di situs resmi federasi.

PSSI akan mengusulkan beberapa stadion kepada AFC untuk dikunjungi dan dinilai. Namun, nama-nama stadion akan digodok dulu oleh PSSI sebelum akhirnya diputuskan.

Tim AFC akan meninggalkan Indonesia dan bertolak ke Australia pada 4-7 September. Di tanggal yang sama tim AFC juga melakukan kunjungan ke Korea Selatan.

Sementara itu, Qatar yang juga tuan rumah Piala Dunia 2022 akan menjadi kunjungan terakhir AFC. Rencananya inspeksi ke Qatar dilakukan pada 8-10 September.

Peluang Indonesia menjadi tuan rumah terhitung cukup sulit dibanding ketiga negara itu. Terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah untuk ajang ini adalah pada tahun 2007 lalu.

Pada saat itu Indonesia tidak menjadi negara tunggal tuan rumah untuk kompetisi bergengsi tersebut, melainkan bersama Malaysia, Vietnam, dan Thailand.