Tentukan Kemenangan Indonesia atas Vietnam, Suryo Nugroho Buka Peluang Tim Merah Putih Raih Emas Pertama ASEAN Para Games 2022
Atlet para-bulu tangkis tunggal putra SU5 Suryo Nugroho (Foro: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Atlet para-bulu tangkis tunggal putra SU5 Suryo Nugroho membuka peluang Indonesia untuk meraih medali emas pertama dalam gelaran ASEAN Para Games (APG) 2022.

Dia menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Vietnam dengan skor 3-0 pada nomor beregu putra para-badminton di Edutorium UMS, Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Dikutip dari Antara, Suryo yang tampil pada partai ketiga menang dua gim langsung atas tunggal putra Vietnam Anh Tuan dengan skor 21-10, 21-11.

Hasil ini membuat skuad Merah Putih berada di urutan teratas dengan mengantongi dua poin dalam pertandingan yang menggunakan format round robin tersebut. Dua wakil Indonesia sebelumnya juga meraih kemenangan.

Tunggal putra SL4 Fredy Setiawan yang tampil pertama tanpa kesulitan mengalahkan wakil Vietnam Ta Truc dengan skor 21-10, 21-11.

Setelah itu giliran ganda putra Hafizh Briliansyah Prawiranegara (SU5)/Ukun Rukaendi (SL3) mengalahkan Bui Minh Hai/Nguyen Van Thuong dengan skor 21-5, 21-13.

Dengan hasil ini, beregu putra para-bulu tangkis berpotensi menyumbang emas perdana bagi Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2022.

Selanjutnya Indonesia bakal menghadapi Thailand yang dijadwalkan bergulir hari ini pukul 14:00 WIB.

"Kemenangan ini membuat kami optimistis bisa menyumbang emas pertama untuk Indonesia. Kami akan berjuang untuk mengalahkan Thailand," ujar Suryo usai pertandingan.

Nomor beregu putra cabang olahraga para-bulu tangkis diikuti tiga negara yakni, Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Pertandingan pun menggunakan sistem round robin.

Dengan kata lain, setiap tim akan melakoni dua pertandingan dan peraih medali emas akan ditentukan oleh poin terbanyak.