Misi Besar Timnas Voli Putra Indonesia di SEA Games 2023: Memantapkan Hegemoni!
Timnas voli putra Indonesia ingin menjaga hegemoni. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas voli putra Indonesia mengincar sesuatu yang besar di SEA Games 2023. Rivan Nurmulki dan kawan kawan ingin meraih medali emas di Kamboja.

Jika itu terwujud, timnas voli putra Indonesia akan mencatatkan hattrick. Pada dua SEA Games sebelumnya, skuad Merah Putih selalu menjadi yang terbaik.

Pada SEA Games 2023, Indonesia sssssstergabung di Grup A bersama dengan Filipina, Singapura, dan Kamboja selaku tuan rumah. Merujuk pada peta persaingan, Indonesia layak percaya diri bisa mendominasi fase penyisihan.

Terlebih lagi, komposisi tim Merah Putih sangat solid dengan hadirnya deretan pevoli andalan yang tahun lalu sukses mengantarkan Indonesia meraih medali emas pada SEA Games XXXI/2021 di Vietnam.

Mereka itu Dio Zulfikri, Muhammad Malizi, Doni Haryono, Nizar Julfikar, Rivan Nurmulki, Farhan Halim, Fahreza Rakha Abhinaya, Hernanda Zulfi, dan Yuda Mardiansyah Putra.

Lima pemain yang tahun lalu tampil di Vietnam yakni Irpan, Dimas Saputra, Rendy Febriant Tamamilang, Daffa Naufal, dan Sigit Ardian kali ini tak masuk dalam daftar skuad untuk SEA Games Kamboja.

Sebagai pengganti, Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) memanggil Boy Arnez, Hendra Kurniawan, Henry Ade Novian, Fahri S. Putratama, dan Agil Angga Anggara.

Seperti dilansir dari Antara, Rabu, 3 Mei, tim telah melakukan berbagai persiapan seperti pemusatan latihan nasional (pelatnas) yang dilakukan sejak 27 Maret 2023 di bawah asuhan pelatih asal China yang pada Proliga 2022 membawa LavAni menjadi juara yakni Jeff Jiang Jie.

Pada awal pelatnas, latihan sebenarnya berjalan timpang karena Rivan Nulmulki dan Doni Haryono tidak bergabung sejak awal. Rivan ikut berlatih pada awal April, sementara Doni pada pertengahan April karena masih terikat dengan klub asal Jepang Nagano Tridents.

Meski demikian Rivan dan Doni rasanya tak sulit beradaptasi dengan pola permainan tim, mengingat ini bukan kali pertama mereka tampil bersama.

Berstatus unggulan sejatinya bukan jaminan bisa meraih kemenangan pada setiap pertandingan. Tentunya, lawan yang akan dihadapi telah banyak belajar dan telah menyiapkan strategi jitu untuk membatasi pergerakan Rivan dan kawan-kawan.

Langkah awal yang akan dihadapi Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja adalah melawan Filipina. Doni Haryono dan kawan-kawan menang dengan skor 3-0 (25-18, 25-18, 25-23).

Dapat dikatakan ini menjadi ujian pertama dalam misi mempertahankan gelar juara pada pesta olahraga dua tahunan terbesar di Asia Tenggara edisi ke-32 tersebut.

Pertandingan pertama selalu penting untuk meningkatkan motivasi dalam mengarungi sebuah kompetisi. Dengan kata lain, Indonesia harus bisa memanfaatkan pertandingan pertama melawan Filipina, Rabu, 3 Mei.

Setelah itu, skuad Merah Putih akan melakoni laga lainnya selama berada di Grup A yakni melawan Singapura pada Kamis, 4 Mei, dan tuan rumah Kamboja pada Sabtu, 6 Mei. Dari sisi mana pun, Indonesia lebih unggul dari tim-tim tersebut.

Tak ayal, peluang untuk bisa menempati posisi teratas di Grup A terbuka lebar.

Lawan terberat Indonesia di level Asia Tenggara sejauh ini adalah Thailand yang sepanjang sejarah SEA Games tercatat delapan kali menjadi yang terbaik. Thailand berada di Grup B bersama dengan Vietnam, Malaysia, dan Myanmar.

Layak dinantikan kiprah skuad Merah Putih untuk bisa meraih emas ke-12 sekaligus menuntaskan misi mencetak hattrick pada SEA Games 2023.