Kerajaan Multi-Juta Euro Lewandowski yang Tidak Diketahui Banyak Pihak
Robert Lewandowski (Instagram @_rl9)

Bagikan:

JAKARTA - Robert Lewandowski, yang dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dunia, adalah salah satu pemimpin proyek baru Barcelona. Namun, pemain internasional Polandia itu tak hanya jago di lapangan, ia juga sukses di dunia bisnis.

Menurut majalah Forbes, Rabu, pendapatan Lewandowski melebihi 30 juta euro karena kontraknya yang besar dan serangkaian kesepakatan sponsor. Hanya orang-orang seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Neymar yang menghasilkan lebih banyak uang dari Lewandowski pada tahun 2021.

Di Munich, Lewandowski memperoleh sekitar 20 juta euro pada tahun 2021 untuk kontrak sepak bolanya. Dengan kata lain, sisa pendapatan 13 juta euro (Forbes memperkirakan pemain Polandia ini memperoleh 33 juta euro) berasal dari perjanjiannya dengan firma dan perusahaan seperti Nike, Huawei dan Procter & Gambl.

RL9 adalah merek sang striker dan yang paling penting, ia bahkan menggunakannya sebagai nama panggilan di jejaring sosialnya. Faktanya, rumor mengatakan bahwa klub Catalan mungkin memberikan nomor sembilan yang kepada Lewandowski yang saat ini dipakai Memphis Depay.

Dan ada tokoh kunci lain dalam memahami transaksi bisnis pemain Polandia itu; istrinya, Anna Lewandowska, dengan siapa sang pemain memiliki beberapa proyek lain.

Foods by Ann adalah bisnis makanan dan kebugaran yang dipimpin oleh istri pesepak bola dan di mana Lewandowski memiliki rangkaian produk sendiri. Hal yang sama berlaku untuk merek pakaian 4F, di mana Lewandowska memainkan peran penting.

Selain itu, pemain baru Barcelona memulai Stor9, juga bekerja sama dengan istrinya. Ini adalah agen pemasaran, periklanan, dan hubungan masyarakat yang bekerja dengan perusahaan besar di seluruh dunia dan bersekutu dengan Grup One untuk membuat RL Media, sebuah divisi yang juga berfokus pada sektor komunikasi.

Tapi itu tidak berhenti di situ. Lewandoswki telah berinvestasi di Protos Venture Capital, perusahaan Polandia lain yang didedikasikan untuk mendukung penciptaan startup internet.

Video game juga menarik perhatian sang pesepak bola karena ia telah menciptakan RL9.Games. Ia juga terlibat dalam keahlian memasak, dengan mengelola sebauh restoran di Warsawa bernama Nine.