Duel Diaz dan Chimaev Dianggap Tak Seimbang, Komentator UFC: Tidak Adil dan Sangat Kejam
Nate Diaz (Instagram @natediaz209)

Bagikan:

JAKARTA - Nate Diaz akan melawan Khamzat Chimaev dalam pertarungan terakhir kontrak UFC-nya di mana setelah itu sang petinju veteran bebas menandatangani kontrak dengan siapa pun yang dia mau.

Meski kontrak belum ditandatangani, menurut ESPN sudah ada kesepakatan lisan untuk duel ini.

Sebelumnya, Diaz telah memilih apa dan siapa yang akan menjadi pertarungan perpisahannya. Ada pembicaraan tentang banyak lawan, seperti McGregor atau Poirier, tetapi tidak ada yang terwujud.

Sampai-sampai pria asal California itu memposting foto di jejaring sosialnya sedang buang air kecil di luar fasilitas UFC.

Dia ingin segera menyegel sesuatu terhadap petarung sepuluh besar, entah itu hanya sebagai pemutus kontrak. Sementara itu, Dana White menyarankan Chimaev, sesuatu yang tidak disukai Diaz.

"Ada level di sini, dan saya bahkan tidak ingin nama saya dikaitkan dengan dia," kata Diaz dikutip dari Marca, Rabu, 27 Juli.

Pada akhirnya, White melakukan apa yang dia inginkan dan di UFC 279 seorang ikon seperti Diaz bisa pergi setelah menghadapi salah satu bintang yang sedang naik daun. Dalam kasus seperti ini, ketika seorang tokoh media terkemuka meninggalkan perusahaan, mereka biasanya diusir dengan perjuangan yang keras.

Ada banyak pihak yang menganggap Diaz bakal mati melawan lawan tangguh seperti Chimaev. Beberapa di antaranya bahkan menganggap Diaz dalam bahaya, seperti yang pernah dikatakan tentang Muhammad Ali di tinju sebelum dia menghadapi Sonny Liston.

Mantan komentator UFC Dan Hardy adalah salah satu pengamat yang percaya bahwa organisasi itu tidak adil dan bahkan berbahaya.

"Rasanya kita sampai pada titik di mana seseorang harus mulai berpikir untuk mengajukan tuntutan," kata Hardy kepada Ariel Helwani di The MMA Hour. 

"Ini tidak terasa seperti pertarungan yang adil. Rasanya seperti hal yang sangat, sangat kejam untuk dilakukan terhadap seseorang yang merupakan legenda yang sah. Karena mereka telah berbicara menentang organisasi, mereka akan dieksekusi secara langsung di TV.

"Seperti itulah rasanya, dan itu membuat saya merasa tidak nyaman untuk berpikir seperti itulah yang akan terjadi."

Hardy melanjutkan, ia hanya berharap acara tersebut berjalan lancar tanpa ada insiden besar. Dia pikir ini adalah tampilan yang buruk untuk UFC.

"Saya berharap, sangat berharap, bahwa Nate setidaknya bisa melewatinya dengan baik, tapi setelah melihat apa yang dilakukan Khamzat pada Rhys McKee dan John Phillips - ya, tentu saja, Nate punya jiu-jitsu yang bagus, tapi ada titik di mana jiu-jitsu dikalahkan oleh gulat yang baik," kata Hardy.

“Itu terjadi pada hari-hari awal UFC, dan itu akan terjadi melawan Nate jika itu menyentuh lantai. Saya pikir dia akan kalah dan saya pikir dia dipukuli secara mengerikan dari posisi teratas. Saya pikir itu akan menjadi tidak nyaman untuk ditonton, dan saya pikir itu akan meninggalkan UFC dalam keadaan yang sangat, sangat buruk.

"Saya hanya berharap Nate bisa melewatinya dengan baik, karena saya pikir dia punya peluang bagus di luar UFC. Sayang sekali mereka akan melakukan upaya pembunuhan ini kepadanya sebelum dia pergi."

Chimaev, sementara itu, mengatakan bahwa pertarungannya tersebut sebagai "pemakaman" untuk Diaz.