Pujian untuk Riko Simanjuntak dari Pelatih Chonburi: Cepat, Punya Teknik dan Layak Berkarier di Thailand
Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak. (Foto: Instagram @persija)

Bagikan:

JAKARTA - Riko Simanjuntak tampil ciamik saat Persija Jakarta bermain imbang 3-3 lawan Chonburi FC dalam laga persahabatan di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu, 24 Juli. Dua gol dicetak pemain lincah milik Macan Kemayoran tersebut.

Performa ciamik Riko pun mendapat pengakuan dari pelatih Chonburi, Sasom Pobprasert. Dia menilai pemain sayap Persija Jakarta itu layak berkarier di Thailand karena memiliki kualitas mumpuni.

"Dia pemain bagus, cepat. Tekniknya apik. Saya merasa dia bisa bermain di Thailand," ujar juru taktik berusia 54 tahun itu, seperti dilansir dari Antara, seusai pertandingan.

Dalam pertandingan kontra Chonburi FC, Riko tak hanya melesakkan dua gol. Dia juga membuat satu assist untuk Persija.

Pesepak bola asal Pematangsiantar, Sumatra Utara, itu juga beberapa kali berhasil membuat pertahanan Chonburi kelabakan dengan kelincahan dan akselerasinya.

"Riko bisa membuat perbedaan di lini depan. Dia layak bermain di Thailand. Intinya, siapa pun yang bekerja keras bisa bermain di Liga Thailand," tutur asisten pelatih Persija Jakarta, Ferdiansyah.

Rekam jejak pemain Indonesia di Liga Thailand sebenarnya sudah cukup panjang. Sudah ada beberapa nama yang pernah berkarier di kompetisi "Negeri Gajah Putih" tersebut.

Sebut saja Yanto Basna (pernah merumput untuk klub Khon Kaen FC, Sukhothai FC dan PT Prachuap FC), Ryuji Utomo (PTT Rayong), Terens Puhiri (Port FC), Todd Ferre (Lampang FC), Greg Nwokolo (Chiangrai United, BEC Tero Sasana/Police Tero FC), Victor Igbonefo (Chiangrai United, Super Power FC, Navi FC, Swat Cat/Nakhonratchasima Mazda FC, PTT Rayong), Sergio van Dijk (Suphanburi FC) dan Irfan Bachdim (Chonburi FC).