Timnas Indonesia U-19 Tetap Gagal ke Semifinal AFF 2022 Meski Lumat Myanmar, PSSI Ingin Ajukan Protes
Timnas Indonesia U-19. (Foto: Twitter @pssi)

Bagikan:

JAKARTA — Tim nasional Indonesia U-19 dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022. Mereka gagal ke semifinal meski menang besar 5-1 atas Myanmar.

Timnas Indonesia U-19 memainkan laga terakhir Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu, 10 Juli malam WIB.

Gol kemenangan untuk Indonesia dicetak Muhammad Ferarri (dua gol), Arkhan Fikri, Rabbani Tasmin, dan Ronaldo Kwateh. Adapun gol tunggal Myanmar dicetak La Min Htwe.

Kemenangan atas Myanmar membuat skuad asuhan Shin Tae-yong mengoleksi 11 poin. Namun, tetap saja tidak lolos ke semifinal karena Thailand dan Vietnam bermain imbang 1-1.

Hasil imbang itu membuat Thailand dan Vietnam yang berhak atas tiket semifinal setelah tetap berada di posisi pertama dan kedua grup. Vietnam lolos dengan status juara grup, sedang Thailand sebagai runner up.

Sebenarnya koleksi poin kedua tim itu sama dengan yang dikumpulkan Indonesia dari empat laga. Namun, mereka unggul produktivitas gol dibanding skuad Garuda.

Seusai pertandingan, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berniat mengajukan protes resmi ke AFF. Protes ini terkait pertandingan Thailand versus Vietnam yang berakhir 1-1 karena dinilai merugikan Indonesia.

"Kami akan membicarakannya lebih dulu di PSSI. Kami akan menyampaikan bahwa kami cukup dirugikan," ujar Iriawan.