Bagikan:

JAKARTA - Peluang timnas nasional Indonesia U-19 untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022 tetap masih ada. Berikut ini syarat agar skuad Garuda bisa maju ke babak empat besar.

Indonesia menjalani laga terakhir penyisihan Grup A melawan Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu, 10 Juli malam nanti. Sepak mula laga dimulai pukul 20.00 WIB.

Laga ini akan sangat menentukan nasib timnas Indonesia U-19 di ajang kelompok umur se-Asia Tenggara itu. Kemenangan di laga itu belum membuat skuad Shin Tae-yong bisa mendapat tiket semifinal.

Saat ini Indonesia menempati peringkat ketiga klasemen sementara dengan koleksi delapan poin dari empat pertandingan. Di dua teratas ditempati Vietnam dan Thailand dengan koleksi angka sama, 10 poin.

Dengan demikian, peluang Indonesia untuk lolos ke babak semifinal juga harus bergantung hasil dari Vietnam dan Thailand. Kedua tim tersebut saling berhadapan satu sama lain di matchday terakhir.

Meski demikian, kans Indonesia untuk lolos tetap besar bahkan masih bisa menjadi juara grup. Itu terjadi apabila pasukan Shin Tae-yong menang atas Myanmar dan Vietnam versus Thailand berakhir dengan skor 0-0.

Jika itu terjadi maka Indonesia dipastikan memperpanjang langkah ke semifinal. Namun, jika Vietnam dan Thailand bermain seri 1-1, 2-2, atau 3-3, maka Indonesia dipastikan gagal ke semifinal sekalipun bisa menang besar atas Myanmar.

Syarat berikutnya adalah Indonesia otomatis lolos ke semifinal setelah menang atas Myanmar dan salah satu keluar sebagai pemenang dari pertandingan Vietnam vs Thailand. Andai skenario itu terjadi maka Indonesia lolos sebagai runner up.

Saat ini sudah ada tiga tim dari Grup A yang dipastikan tidak lolos ke semifinal. Selain Myanmar, dua tim lain yang dipastikan tidak maju ke empat besar adalah Filipina dan Brunei Darussalam.