Optimisme Daud Yordan Jelang Lawan Panya Uthok, Bakal Mempercantik Rekor Lawan Petinju Thailand
Petinju Indonesia Daud Yordan (kiri) akan mempertahankan titel WBC Asian Boxing Council Silver divisi ringan super (63,5kg). (Foto: Cosmas Kopong Beda/VOI)

Bagikan:

JAKARTA — Petinju Daud Yordan siap naik ring melawan petinju Panya Uthok. Ia pun optimistis bisa menambahkan koleksi kemenangan kesepuluhnya melawan wakil dari Thailand.

Duel antara Daud Yordan dan Panya Uthok bakal berlangsung di Balai Sarbini, Sudirman, Jakarta, pada Kamis, 1 Juli besok. Pertarungan ini untuk merebut titel Asian Boxing Council Silver Super Lightweight (63,5 kg).

"Besok saya akan menambahkan koleksi kemenangan saya yang kesepuluh melawan petinju dari Thailand," kata petinju 35 tahun tersebut dalam konferensi pers yang digelar di Balai Sarbini pada Rabu, 30 Juni.

Di atas kertas, Daud tercatat sudah menghadapi wakil Thailand sebanyak sembilan kali dalam karier profesionalnya. Dari jumlah itu, petinju kelahiran Ketapang ini tidak pernah menderita satu kekalahan pun.

Kemenangan terbaru yang ia peroleh atas wakil Thailand terjadi pada November tahun lalu. Ketika itu, Daud menumbangkan Rachata Khaopimai dengan technical knock out (TKO) pada ronde kelima untuk mendapat gelar WBC Asian Boxing Council Silver Super Lightweight.

Meski demikian, lawan yang akan dihadapi besok terhitung tidak mudah bagi Daud. Selain, lebih muda dari sisi usai, Panya Uthok juga punya sederet pengalaman yang tidak kalah mentereng.

Ia tercatat pernah menjadi juara dunia di kelasnya dan gelar-gelar seperti WBO Aspac dan WBO Asia. Meski demikian, Daud merasa senang bisa menghadapi lawan yang secara level bisa mempersulit dirinya.

"Besok tentunya menjadi pembuktian bagi saya melawan lawan yang punya reputasi yang lebih baik dari saya. Namun, dengan dukungan masyarakat Indonesia, saya yakin bisa mengalahkan dia," kata Daud.

Secara rekor, Daud saat ini baru menderita empat kekalahan dari 46 pertarungan dengan 29 di antaranya ia menang KO. Sementara itu, Panya Uthok mengoleksi 54 kemenangan (36 KO) dan 10 kekalahan.

Pertarungan Daud dengan Panya Uthok seharusnya sudah digelar pada 4 Maret lalu di Thailand. Namun, ketika itu Daud Yordan positif COVID-19 sehingga duel mereka urung digelar dan baru terwujud pada Kamis besok.

Pertarungan besok juga akan menampilkan partai yang tidak kalah seru antara petinju Indonesia Ongen Saknosiwi melawan wakil Thailand lainnya, Jirawat Thammachot.

Selain itu, ada juga tiga partai undercard lainnya, yakni George Lumoly vs Julio Bria (4 ronde), Egi Rozten vs Satria Sandika (4 ronde), dan Silem Serang vs Ferengky Rohi (Partai Kejuaraan UBO International, 10 ronde).