Ketika Mike Tyson Membuka Hatinya: Saya Menjalani 3 Tahun Terbaik dalam Hidup Saya di Penjara
Mike Tyson (Instagram @miketyson)

Bagikan:

JAKARTA - Mike Tyson adalah salah satu tokoh olahraga terbesar dalam sejarah dunia. Ketika di masa jayanya, dia memiliki apa yang dia inginkan. Tidak ada yang menyangkalnya, dia adalah raja dunia.

"Iron" Mike ditakuti, pukulannya menghancurkan, orang-orang membayar ribuan dolar untuk melihatnya menjatuhkan lawan-lawannya dalam 30 detik, itu adalah tontonan yang luar biasa.

Dengan ketenaran, uang, wanita, kejahatan dan teman-teman palsu berdatangan. Pada tahun 1992 dia masuk penjara buntut tudingan pemerkosaan yang dilontarkan Desiree Washington, kontestan Miss Black America.

Tyson membantah, tapi dia tetap dipenjara di Indiana Youth Center. Hukumannya adalah 10 tahun; 6 tahun di penjara dan 4 tahun masa percobaan, tetapi karena perilaku baiknya ia hanya dipenjara selama 3 tahun. Dia dibebaskan pada tahun 1995.

Di penjara tahun-tahun terbaik dalam hidupnya

Sebelum masuk penjara, Tyson berada di puncak kariernya. Tentunya, orang-orang bakal menganggap mendekam selama tiga tahun di balik jeruji besi akan membuatnya terpuruk. Tapi, ternyata sebaliknya.

Dalam sebuah wawancara di podcast "The Pivot Podcast", menindaklanjuti wawancara ekstensif yang banyak dibahas dan langka dengan pelatih kepala Pittsburgh Steelers, Mike Tomlin, pembawa acara bersama dan mantan bintang NFL Ryan Clark, Channing Crowder dan Fred Taylor memulai episode yang mengungkap rasa hormat mereka untuk Tyson.

Dalam wawancara itu Tyson terlihat santai, mengisap rokok ganja, mantan juara itu terlihat tenang dan membicarakan topik sensitif seperti di penjara.

"Saya menjalani tiga tahun terbaik dalam hidup saya di penjara," kata Tyson. "Saya memiliki kedamaian. Uang itu tidak berarti apa-apa jika Anda tidak memiliki kedamaian, stabilitas, dan keseimbangan Anda. Anda membutuhkan kewarasan Anda untuk mendikte bagian mana pun dari kehidupan."

"Saya punya makanan enak, semua orang baik kepada saya, mereka memperlakukan saya dengan baik."

"Saya akan berlari di sekitar halaman 8 atau 9 mil dan di malam hari saya akan melompat selama empat jam, di sel saya. Semua orang memperlakukan saya dengan baik di penjara, mereka takut pada saya, tetapi saya selalu orang baik.

Tyson mengirim pesan kepada para penggemarnya

"Saya ingin orang tahu bahwa hidup adalah kesediaan untuk mati," kata Tyson.

"Saya percaya bahwa begitu Anda mati, Anda mulai hidup. Ada lebih dari sekadar kami di luar sana. Anda harus membunuh ego Anda untuk benar-benar menghargai hidup. Ego itu baik, tapi itu bukan kehidupan. Gunakan itu untuk sepak bola dan tinju atau apa pun., tapi jalani hidup tanpanya."