Buntut Meninggalnya 2 Bobotoh, Lokasi Pertandingan Grup C Piala Presiden 2022 Dipindah dan Tanpa Penonton
Pertandingan Piala Presiden 2022. (FOTO/Instagram @persib)

Bagikan:

JAKARTA – Lokasi pertandingan Piala Presiden 2022 untuk Grup C dipastikan tak lagi digelar di Stadion Si Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GLBA). Laga pun bakal digelar tanpa penonton imbas tewasnya dua bobotoh, pendukung Persib Bandung, pekan kemarin.

Sisa pertandingan Grup C nantinya akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat. Pemindahan lokasi laga dan aturan tanpa penonton itu dikeluarkan oleh Kapolda Jawa Barat pada Senin, 20 Juni. Surat bernomor B/Rek-3420/VI/YAN.2.1/2022/DIT IK diteken Kombes Ruslan Ependi.

Perlu diketahui, meninggalnya dua suporter itu terjadi saat pertandingan Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya pada Jumat, 17 Juni lalu. Keduanya disebut kehabisan oksigen setelah berdesak-desakan dengan penonton lain.

Kasus ini pun masih didalami PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Banyak pihak menyebut bahwa harus ada pihak yang bertanggung jawab atas kejadian itu.

Seharusnya Stadion GBLA hanya bisa dihadiri 15 ribu penonton selama gelaran Piala Presiden tahun ini. Jumlah itu diizinkan menggunakan tribun bagian bawah karena sebagian tribun dalam kondisi retak dan membahayakan.

Namun, pada saat laga Persib kontra Persebaya jumlah penonton membludak. Kabarnya total 99,9 persen kursi terisi dari kapasitas yang mampu menampung 38 ribu penonton.

Grup C saat ini menyisakan dua pertandingan saja. Pertandingan pertama mempertemukan Bali United melawan Persebaya Surabaya, sedangkan laga kedua antara tuan rumah Persib Bandung melawan Bhayangkara FC.

Bali United dan Persebaya Surabaya akan melakoni laga pada Senin, 20 Juni pukul 20.30 malam nanti. Sementara itu, laga lainnya akan berlangsung pada Selasa, 21 Juni, di waktu yang sama.