Kylian Mbappe Didapuk Jadi Pemain Paling Berharga di Dunia Saat ini, Nilai Transfernya Ditaksir Rp3,1 Triliun
Pemain PSG, Kylian Mbappe. (Foto: Twitter @PSG_Inside)

Bagikan:

JAKARTA - Siapa pesepak bola paling berharga di dunia saat ini? Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Neymar Jr atau Erling Haaland?

Jawaban justru pemain Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe. Penilaian itu berdasarkan hasil studi kelompok peneliti asal Swiss CIES Football Observatory.

Menurut hasil studi itu, posisi Mbappe disusul pemain Real Madrid Vinicius Jr dan Haaland di posisi ketiga.

Mbappe, yang menolak bergabung Real Madrid dan menandatangani kontrak baru berdurasi tiga tahun di PSG bulan lalu, berada di puncak daftar dengan perkiraan nilai transfer 205,6 juta euro (Rp3,1 triliun), mengalahkan Vinicius (Rp2,8 triliun) dan Haaland (Rp2,3 triliun).

Rekan setim Mbappe di PSG, Neymar, memegang rekor transfer hingga saat ini. Juara Liga Prancis itu membayar Barcelona dengan 222 juta euro (Rp3,4 triliun) untuk mendapatkan tanda tangannya pada 2017.

Melengkapi posisi lima besar diisi oleh pemain muda Barcelona Pedri (135,1 juta euro) dan gelandang Borussia Dortmund Jude Bellingham (133,7 juta euro).

CIES Football Observatory menggunakan indikator seperti usia pemain, kinerja, perkembangan karier, dan durasi kontrak untuk mencapai nilai transfer.

Daftar terbaru didominasi oleh pemain Liga Premier Inggris dengan 41 wakil di 100 teratas.

Ruben Dias dari Manchester City memiliki nilai transfer tertinggi untuk seorang bek dengan 109,6 euro, sementara pemain PSG Gianluigi Donnarumma memimpin di antara penjaga gawang dengan 73,7 euro.

Playmaker Manchester City Kevin De Bruyne, 30, adalah pemain paling senior dalam daftar, dengan nilai 57,3 juta euro, demikian laporan Reuters yang dilansir Antara.