Hari Pertama Sesi Latihan Bebas Moto3 Italia di Sirkuit Mugello: Mario Aji Berpeluang Langsung Tembus Q2
Pebalap Indonesia, Mario Suryo Aji. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Indonesia, Mario Aji, mencatatkan waktu yang cukup memuaskan pada hari pertama sesi latihan bebas Moto3 Italia di Sirkuit Mugello, Jumat, 27 Mei. Dengan catatan waktu lap yang dibuat, dia berpeluang lolos ke kualifikasi kedua (Q2).

Pada sesi latihan bebas pertama (FP1) yang berlangsung pagi waktu setempat, Mario Aji menempati posisi ke-8 dengan catatan waktu 1 menit 58.153 detik.

Namun, pebalap Honda Team Asia ini gagal mempertajam catatan waktunya di FP2 yang berlangsung siang waktu setempat. Mario Aji menorehkan waktu lap terbaik 1 menit 59.708 detik di sesi kedua ini.

Dengan catatan itu, Mario Aji menempati posisi ke-26. Sementara Jaume Masia menjadi yang tercepat pada FP2 ini dengan waktu 1 menit 57.134 detik.

Meski demikian, Mario Aji menempati posisi ke-13 pada kombinasi catatan waktu lap di hari pertama ini. Itu artinya dia masih termasuk dalam kategori pebalap yang bisa lolos ke Q2.

Babak kualifikasi Moto3 sendiri akan dihelat pada Sabtu, 28 Mei. Sebelumnya, para pebalap akan melakoni satu sesi latihan bebas lagi.

Mario Aji harus hati-hati dan wajib mempertajam catatan waktunya. Pasalnya, pebalap asal Magetan ini hanya terpaut per sekian detik saja dari Scott Odgen yang menempati posisi ke-15 kombinasi catatan waktu.

Perlu diketahui, pebalap yang menempati posisi 1 hingga 14 di kombinasi catatan waktu pada sesi latihan bebas berhak lolos langsung ke Q2. Sementara sisanya akan bertarung lebih dulu di Q1 untuk memperebutkan tiket menuju Q2.