Van Dijk Cedera Lutut Parah, Kemungkinan Absen 7 Bulan
Virgil van Dijk dijegal Jordan Pickford dalam Derby Merseyside (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Bek tengah Liverpool Virgil van Dijk dijadwalkan menjalani operasi lutut akibat cedera yang dideritanya karena jegalan kiper Everton Jordan Pickford dalam Derby Merseyside di Goodison Park, Sabtu kemarin.

Hal itu dikonfirmasi oleh Liverpool lewat laman resminya pada Senin dini hari WIB, tetapi pihak klub tak memberikan perkiraan berapa lama bek asal Belanda itu bakal menepi karena cedera lututnya.

Van Dijk dijatuhkan dengan gerakan menggunting oleh Pickford di dalam kotak penalti Everton pada menit keenam pertandingan yang berakhir dengan skor imbang 2-2 tersebut.

Lantaran hakim garis sudah terlebih dulu mengangkat bendera pertanda offside, Pickford terselamatkan dari ancaman tendangan penalti atau lebih jauh lagi kartu merah.

Setelah mendapat perawatan selama beberapa menit di tepi lapangan, Van Dijk akhirnya ditarik keluar digantikan oleh Joe Gomez, kendati bek berusia 29 tahun itu tampak masih bisa berjalan sendiri menuju ruang ganti darurat Liverpool.

Cedera lutut yang dialami Van Dijk jelas menjadi kabar buruk bagi Liverpool yang dalam beberapa tahun terakhir lini belakangnya disulap menjadi begitu tangguh sejak kedatangan eks bek Southampton itu.

Liverpool bisa saja kehilangan Van Dijk dalam waktu yang cukup panjang, mengingat gelandang mereka Alex Oxlade-Chamberlain juga absen hingga 293 hari karena cedera ligamen lutut pada 2018 hingga 2019. BeIN Sport melaporkan, bek Belanda itu akan absen hingga 7 bulan.

"Informasi yang kami terima adalah bahwa dia telah mengalami cedera ligamen anterior cruciatum," Richard Keys melaporkan di BeIN Sports pada Sabtu malam. "Dia akan absen selama tujuh atau delapan bulan jika itu yang terjadi."

Van Dijk bisa saja bukan satu-satunya korban dari Derby Merseyside, sebab Thiago Alcantara yang dijegal secara kasar oleh Richarlison pada pengujung laga juga sempat dikonfirmasi oleh manajer Juergen Klopp mengalami rasa sakit yang tidak biasa.