Derby Merseyside: Tantangan Terberat James Musim Ini, Robertson
James Rodriguez (Instagram @jamesrodriguez10)

Bagikan:

JAKARTA - James Rodriguez akan menghadapi salah satu tantangan terberatnya musim ini saat Everton menghadapi juara bertahan Liga Premier Liverpool. Bek kiri The Reds, Andrew Robertson akan ditugasi untuk menahan laju pemain Kolombia. 

Di bawah asuhan Jurgen Klopp pemain internasional Skotlandia itu menjelma sebagai salah satu full-back terbaik di Eropa. Pada Sabtu ini ia akan menghadapi salah satu pemain dengan performa terbaik di Liga Premier pada paruh pertama musim 2020/21. 

Ben Davies, Kieran Gibbs, Tyrick Mitchell, Aaron Cresswell dan Solly March adalah deretan bek sayap tim lawan yang gagal membelenggu James dalam empat pertandingan Everton sejauh musim ini. 

Sejak tiba di Inggris dari Real Madrid pada bulan September, baru Tottenham Hotspur asuhan Jose Mourinho tim 'enam besar' yang dihadapi James. 

Derby Merseyside akan menjadi kesempatan bagi James untuk kembali menunjukkan kualitasnya. Untuk itu, ia harus mengatasi rintangan dari Robertson, bek kiri yang cepat, gesit, kuat, cerdas dan tak kenal lelah. 

Pemain Skotlandia itu, bersama dengan Trent Alexander-Arnold, salah satu dari dua pilar permainan Liverpool di bawah Klopp. 

James harus sangat waspada terhadap Robertson yang bergerak maju dan menjadi pemain sayap ketika Liverpool menyerang. Dia bisa memanfaatkan ruang kosong di pertahanan lawan ketika full-back Liverpool ini bergerak ke depan.

Ciri utama tim asuhan Klopp adalah intensitas mereka dalam hal memulihkan bola yang hilang dan melakukan serangan balik. Diogo Jota, yang diharapkan mengapit Roberto Firmino dalam serangan, akan bergerak ke belakang jika Robertson tetap berada di depan.

Sementara itu, gelandang dalam Liverpool dalam derby ini - baik Georginio Wijnaldum atau James Milner - juga dapat menutup James. Adapun Virgil van Dijk akan menjadi rintangan terakhir yang harus diatasi pemain Kolombia jika ia berada dalam posisi mengancam Liverpool.