Pramusim Liga 1 Mulai Berlangsung Pertengahan Juni, PSSI: Bisa Dihadiri Penonton
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (tengah). (foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan turnamen pramusim Liga 1 2022/2023 akan berlangsung pertengahan Juni hingga Juli.

Hal ini diumumkan setelah PSSI melakukan pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, juga dengan beberapa klub. Pertemuan itu digelar untuk berdiskusi dan membahas mekanisme dan regulasi turnamen pramusim.

"Hari ini saya rapat dengan jajaran LIB untuk membahas beberapa hal. Salah satunya soal turnamen pramusim, Liga 1 dan 2. Sudah ada beberapa hal yang disepakati dan ada yang belum. Kita akan terus matangkan hal ini," jelas Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dari laman PSSI.

Iriawan menyebut, turnamen pramusim nanti sudah bisa dihadiri penonton secara langsung. Namun demikian, Iwan Bule sapaan akrabnya belum membeberkan jumlah penonton yang bisa masuk ke stadion karena masih terkait status vaksinasi.

"Kita akan koordinasi dengan pemerintah. Dalam hal ini Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Satgas COVID-19, dan Kepolisian soal berapa persen penonton yang boleh masuk stadion. Kita akan ikut apa yang diputuskan oleh pemerintah," sambungnya.

Rencananya turnamen pramusim ini akan diselenggarakan di empat kota besar di Indonesia. Namun PSSI dan PT LIB masih terus mengkaji nama-nama stadion yang nantinya akan digunakan.

Rencananya, PSSI juga akan mempersilakan penonton untuk menyaksikan langsung pertandingan Liga 1 dan Liga 2.

Sebagai bentuk perwujudan sepak bola yang semakin baik dan adil, PSSI juga akan menggunakan jasa asisten wasit tambahan dengan hakim garis keempat dan kelima yang berposisi di belakang gawang.