Klasemen MotoGP Usai GP Spanyol: Fabio Quartararo Masih Kokoh di Puncak
Pebalap asal Prancis di Tim Yamaha, Fabio Quartararo masih memimpin klasemen sementara pebalap MotoGP 2022 usai GP Spanyol di Jerez pada Minggu 1 Mei. (Yamaha MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA – Klasemen sementara MotoGP 2022 masih dipegang oleh juara bertahan Fabio Quartararo. Kepastian ini setelah pebalap asal Prancis itu finis di urutan kedua Grand Prix Spanyol.

MotoGP Grand Prix Spanyol, yang berlangsung di Sirkuit Jerez, selesai pada Minggu, 1 Mei malam. Quartararo finis dengan gap +0,285 detik dari Francesco Bagnaia yang menempati podium pertama.

Finis di urutan kedua membuat pebalap 23 tahun itu total mengoleksi 89 poin dari enam seri yang telah digelar. Rider kelahiran Nice, Prancis, ini unggul sebanyak tujuh poin atas pesaing terdekatnya Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang mengisi posisi kedua.

Kesuksesan di Jerez merupakan podium ketiga yang ditorehkan Quartararo sejauh ini sekaligus podium kedua untuk kedua kalinya setelah Indonesia. Adapun satu-satu podium pertama ia peroleh saat MotoGP berlangsung Portugal.

Alex Rins dari Suzuki yang sebelumnya menempati urutan kedua di belakang Quartararo harus merosot turun ke posisi keempat. Ia tetap mengoleksi 69 poin atau sama dengan perolehan Enea Bastianini di tempat ketiga.

Sementara itu, hasil di Jerez membuat Bagnaia merangsek naik ke posisi lima besar. Pebalap asal Italia itu sekarang mengoleksi 56 poin atau sama dengan perolehan Joan Mir yang mengekor tepat di belakangnya.

Balapan MotoGP 2022 selanjutnya akan berlangsung di Prancis pada 15 Mei nanti di Sirkuit Bugatti. Quartararo punya kesempatan besar melebarkan jarak poin di papan klasemen sebab bakal mendapat dukungan dari publik sendiri.

Berikut klasemen pebalap MotoGP 2022:

Fabio Quartararo 89

Aleix Espargaro 82

Enea Bastianini 69

Alex Rins 69

Francesco Bagnaia 56

Joan Mir 56

Johann Zarco 51

Brad Binder 48

Marc Marquez 44

Miguel Oliveira 43