Bagas/Fikri Kandas di Babak Pertama Kejuaraan Asia 2022, Stephanie Widjaja Lolos ke Babak Berikutnya
Pasangan Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. (Dok. PBSI)

Bagikan:

JAKARTA – Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri langsung pulang di babak pertama Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. Mereka kalah di tangan pasangan Jepang Akira Koga/Taichi Saito.

Duel berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina, pada Selasa, 26 April 2022. Wakil Indonesia kalah tiga set 21-18, 17-21, dan 17-21 dalam pertandingan panjang 68 menit.

Bagas/Fikri tampil agresif dan mencuri enam poin dari delapan poin pertama pada gim kesatu. Mereka juga sukses unggul sebanyak dua poin pada interval lawan mereka.

Setelah jeda, wakil Indonesia terus saja memimpin sebelum lawan dua kali menyamakan skor 16-16 dan 17-17. Usai kedudukan imbang terakhir Bagas/Fikri langsung mencetak tiga angka berurutan dan hanya kehilangan satu poin lagi.

Pasangan yang menjuarai All England 2022 ini juga unggul pada awal set kedua setelah skor 1-1. Namun, keadaan mulai berbalik pasca pasangan Jepang mengidentikan kedudukan menjadi 8-8.

Jepang kemudian memimpin dengan selisih dua angka di interval. Setelah itu skor imbang hanya terjadi satu kali pada posisi 13-13.

Pada set penentuan, Bagas/Fikri langsung kehilangan empat angka awal dan harus realistis tertinggal enam angka di jeda. Walau sukses menyamai angka menjadi 17-17, Bagas/Fikri kehilangan empat poin beruntun lagi setelah itu.

Sebelumnya, tunggal putri Indonesia Stephanie Widjaja sukses menembus babak 32 besar dari jalur kualifikasi. Selanjutnya, pebulu tangkis 18 tahun ini bakal mendapat tantangan berat karena ia akan bersua dengan rising star Korea Selatan An Se Young.

Selain Stephenie, tiket babak 32 besar juga dikantongi oleh Komang Ayu Cahya Dewi. Di partai selanjutnya nanti Komang akan bersua dengan wakil dari China, Han Yue.

Indonesia masih punya empat wakil yang akan berjuang di babak 32 besar setelah tersingkirnya Bagas/Fikri. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.