Rasisme dan Seksisme Terjadi Pada Ajang IYC 2021, Panitia Pelaksana Ancam Hentikan Pertandingan
Pertandingan IYC 2021. (Foto: Instagram @iycindonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Panitia penyelenggara International Youth Championship 2021 bakal menindak tegas aksi rasisme dan seksisme. Satu di antaranya menghentikan pertandingan jika diperlukan.

Melalui pengumuman resmi di akun Instagram mereka, panpel IYC 2021 juga menyesalkan aksi rasisme dan seksisme yang terjadi. 

"Terkait dengan kejadian rasisme dan seksisme yang terjadi pada pertandingan International Youth Championship yang sudah terlaksana sejak 13 April 2022, Organizing Commitee International Youth Championship sangat menyesalkan kejadian itu. Melalui announcer/MC pertandingan, Organizing Commitee telah mengimbau para penonton untuk tidak melakukan perbuatan yang mengarah ke rasisme dan seksisme yang dapat mengganggu jalannya pertandingan," demikian pernyataan resmi panpel IYC.

Untuk empat pertandingan sisa, termasuk partai final, panpel akan mengambil tindakan tegas jika aksis rasisme dan seksisme tetap terjadi. Tindakan tegas itu mulai dari imbauan oleh announcer, pengusiran penonton keluar stadion, hingga memberhentikan pertandingan jika diperlukan.

"Organizing Commitee IYC wajib memastikan pertandingan berjalan lancar termasuk melindungi segenap komponen tim termasuk pemain dain ofisial tanpa terkecuali," lanjut pernyataan tersebut.

Panpel pun berharap kerja sama dari seluruh penonton yang hadur demi kesuksesan IYC 2021. Tentunya ini bisa jadi catatan buat Indonesia yang akan menghelat beberapa event bertaraf internasional, satu di antaranya Piala Dunia U-20.