Bagikan:

JAKARTA – West Ham United sukses menahan imbang Olympique Lyon 1-1 pada leg pertama perempat final Liga Europa 2021/2022 pada Jumat, 8 April dini hari WIB. Skuad The Hammers mampu bertahan dalam kondisi sepuluh pemain.

Kedua tim bertemu di Stadion London, Inggris. Tuan rumah unggul lewat gol yang dijaring oleh Jarrod Bowen tujuh menit setelah turun minum. Tim tamu menyamakan kedudukan melalui gol Tanguy Ndombele di menit ke-66.

Satu gol ke gawang Lyon membuat Jarrod Bowen tercatat sebagai pemain paling produktif "The Hammers" musim ini. Ia menjadi pemain West Ham pertama yang mencetak 10 gol kandang dalam satu musim di semua kompetisi sejak Marlon Harewood pada musim 2005/2006.

Tuan rumah harus bermain dengan sepuluh pemain sejak masa tambahan waktu pada babak pertama. Aaron Cresswell langsung diganjar kartu merah oleh wasit karena melanggar Moussa Dembele.

"Rencana permainan berubah dan kami menciptakan beberapa peluang dan bekerja sangat keras. Kebersamaan membawa kami maju. Itu datang dari manajer. Dengan pengalamannya, dia bekerja keras untuk kami dan memberi kami keyakinan bahwa kami bisa melakukannya," kata pemain bertahan West Ham Craig Dawson, dikutip BBC.

Menurut catatan Opta, kartu merah yang diterima Cresswell membuatnya menjadi pemain West Ham United pertama yang mendapatkan kartu merah di kompetisi Eropa. Ini tidak termasuk babak kualifikasi.

Hasil imbang 1-1 ini memberi harapan bagi West Ham United untuk mencapai semifinal Eropa pertama sejak 1976. Tidak seperti kesempatan terakhir West Ham mencapai perempat final Eropa ketika mereka dikalahkan 4-1 pada leg pertama di kandang saat menjamu Dynamo Tblisi pada tahun 1981.

Ini akan menjadi pertandingan perempat final kelima West Ham di kompetisi Eropa. Mereka lolos ke semifinal sebanyak tiga kali, terakhir 1976.