Congkaknya Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate: Kami Bisa Menang Jika ke Final Piala Dunia 2022, Itu Jelas
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, bicara peluang timnya di Piala Dunia 2022. (Foto: INSTAGRAM @england)

Bagikan:

JAKARTA – Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate begitu optimistis membawa timnya menuju Piala Dunia 2022 Qatar. Juru taktik berusia 51 tahun itu percaya timnya bisa membawa pulang gelar.

Keyakinan Southgate ini tumbuh berkat pencapaian timnya ke semifinal di Piala Dunia 2018 dan final Piala 2020 musim panas lalu. Sayangnya, di Piala Eropa mereka ditekuk Italia lewat babak adu penalti.

"Kami telah mengatakan kepada tim minggu ini. Jika kami bisa mencapai semifinal, kami bisa mencapai final, dan kami bisa melakukannya. Jika kami bisa mencapai final, kami bisa menang. Itu jelas," ujar Southgate seperti dilansir dari Sky Sport.

Inggris berada di pot satu bersama enam negara berperingkat tertinggi lainnya dalam undian ditambah tuan rumah Qatar. Dengan demikian, Inggris berpotensi ketemu tim kuat lainnya seperti Belanda, Jerman dan Kroasia, yang berada di pot dua.

Southgate mengatakan, skuadnya tentu akan diwaspadai dan tidak ingin dijumpai oleh tim lainnya. Akan tetapi, mereka juga harus menjaga kemungkinan terburuk menghadapi tim-tim yang justru tidak diunggulkan.

"Untuk melakukan itu (juara) sangat sulit dan kami harus sedekat mungkin dengan sempurna. Itulah tantangan bagi kami, bukan hanya ketika kami tiba di Qatar, karena kami harus berada dalam kondisi yang pas, bahkan sebelum itulah yang harus kami upayakan setiap hari saat bersama," ujar Southgate.

Inggris merupakan satu dari 29 negara yang sudah memastikan diri lolos ke putaran final ajang empat tahunan itu. The Three Lions akan mengetahui lawan-lawan mereka di babak penyisihan saat undian berlangsung pada Jumat, 1 April 2022.

Total sebanyak 32 negara akan berkompetisi di kejuaraan itu. Namun, tiga slot tiket tersisa masih harus direbut delapan negara lewat pertandingan play off.

Piala Dunia tahun ini akan berlangsung dari 21 November sampai 18 Desember 2022 di delapan kota berbeda. Ini adalah pertama kalinya ajang paling bergengsi ini dihelat di Timur Tengah.