Bidik Podium MotoGP Argentina, Miguel Oliveira Bakal Terapkan Strategi yang Sama Seperti di Mandalika
Pebalap KTM, Miguel Oliveira (tengah), memenangi balapan MotoGP Mandalika. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap Red Bull KTM Miguel Oliveira mengincar pole position di MotoGP Argentina akhir pekan ini. Itu agar bisa kembali mendapat podium sekaligus melanjutkan tren positif dari MotoGP Mandalika.

Rider asal Portugal itu mendapat kemenangan perdananya musim ini saat balapan di Sirkuit Mandalika, 20 Maret lalu. Pada balapan tersebut, pebalap asal Portugal itu start dari posisi ketujuh.

Untuk itu, Oliveira akan menerapkan strategi yang sama seperti di Mandalika, yakni mengincar hasil kualifikasi yang lebih baik di Argentina agar bisa kembali ke podium.

"Di Mandalika, tujuan saya adalah mendapatkan posisi awal yang lebih baik di kualifikasi, karena itu adalah kelemahan terbesar saya sejauh ini. Itu juga akan menjadi mentalitas saya akhir pekan ini, saya pasti harus lebih baik di kualifikasi," kata Oliveira dilansir dari Speedweek.

Kemenangan di Mandalika merupakan kemenangan keempat Oliveira sejak memulai debutnya di MotoGP pada 2019. Ia sukses menaklukan balapan di lintasan basah untuk mengalahkan juara bertahan Fabio Quartararo yang finis di posisi kedua.

Namun, balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo belum tentu berlangsung di lintasan basah. Meski demikian, ia percaya diri dan yakin tunggangannya sanggup memberikan hasil yang sama seperti balapan di Indonesia.

Oliveira punya kenangan indah tentang Sirkuit Autodromo Termas de Río Hondo. Pada 2017 dan 2018 ia berada di urutan kedua dan ketiga di podium di kelas Moto2.

Kemudian pada tahun 2019 ia finis kesebelas sebagai rookie MotoGP.

"Saya pikir bahkan dalam kondisi kering kami bisa berjuang untuk podium. Kemenangan menandai poin penting dalam hasil kami. Sudah lama sejak saya mencetak begitu banyak poin, terutama paruh kedua musim 2021 sulit dalam hal itu," ujar Oliveira.

"Kami ingin menggunakan motivasi dari kemenangan ami untuk menjadi kompetitif di sini, di Argentina juga. Akhir pekan bisa sangat sukses bagi kami. Pada 2019, KTM tidak sebagus sekarang," lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, jadwal MotoGP di Argentina harus menghadapi perubahan jadwal akibat keterlambatan kargo yang membawa peralatan tim balap. Keterlambatan itu kabarnya dipengaruhi oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Untuk itu, jadwal latihan bebas yang seharusnya sudah mulai berlangsung pada Jumat, 1 April waktu lokal, harus digeser ke Sabtu, 2 Maret. Latihan bebas pertama sampai ketiga dan kualifikasi akan digelar bersama pada Sabtu.

Waktu latihan bebas ketiga juga dikurangi menjadi 30 menit dari lazimnya 45 menit, sedangkan latihan bebas keempat ditiadakan. Sementara itu, balapan tetap berlangsung pada Senin, 4 Maret dini hari WIB.