Timnas Indonesia U-19 Lagi-lagi Dilumat Korea Selatan, Shin Tae-yong: Saya Ingin Beri Tepuk Tangan ke Pemain
Timnas Indonesia U-19 kalah dari Korea Selatan. (Dok Situs resmi PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 kembali menelan kekalahan saat berhadapan dengan Korea Selatan dalam laga uji coba di Daegu, Selasa, 29 Maret. Setelah di laga pertama kalah 0-7, kali ini Timnas U-19 menyerah dengan skor 1-5.

Korea membuka keunggulan pada menit kesembilan berkat sepakan Jung Jong-hun. Empat menit kemudian, Kang Seong-jin menggandakan keunggulan timnya.

Pada menit ke-16, Jung Jong-hun membuat gol keduanya dan membuat Korsel memimpin 3-0. Indonesia memperkecil ketertinggalan pada menit ke-43 melalui sundulan Marselino Ferdinan.

Dua gol terakhir Korea dicetak melalui titik putih. Pertama eksekusi Choi Seong-min pada menit ke-80, lalu penalti kedua dieksekusi Lee Seung-won.

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong mengatakan, skuadnya menunjukkan semangat pantang menyerah meski pada akhirnya kalah 1-5. Dia pun memberikan apresiasi atas semangat anak asuhnya itu.

"Saya ingin bertepuk tangan kepada semua pemain. Mereka tidak menyerah sampai akhir pertandingan," ujar Shin, seperti dilansir Antara.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan tersebut, anak-anak asuhnya sudah menunjukkan perkembangan terutama dari segi fisik.

Namun, dari aspek taktik, masih banyak yang perlu diperbaiki dari timnas U-19. Kemampuan dasar pemain seperti mengoper dan mempertahankan konsentrasi mesti terus ditingkatkan.

"Sebenarnya, permainan anak-anak tidak seperti yang saya inginkan. Namun, gol-gol yang masuk ke gawang kami bukan karena lawan bagus tetapi lebih karena kesalahan kami sendiri," tutur Shin.

Itu menjadi kekalahan ketiga Indonesia selama menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan. Sebelumnya, timnas U-19 takluk kepada Universitas Yeungnam (1-5) dan timnas U-19 Korea Selatan (0-7). Satu kemenangan dicatatkan saat bersua Universitas Daegu, Minggu, 27 Maret, dengan skor 2-1.

"Saya minta tolong masyarakat untuk percaya dan memberikan dukungan kepada pemain," kata Shin Tae-yong.