Magnussen Kembali ke Haas, Gantikan Mazepin yang Dipecat karena Invasi Rusia ke Ukraina
Kevin Magnussen (Instagram @ kevinmagnussen)

Bagikan:

JAKARTA - Kevin Magnussen pada Rabu bergabung kembali dengan tim Haas guna menggantikan pebalap Rusia Nikita Mazepin yang dipecat menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Haas mengatakan Magnussen yang berusia 29 tahun sudah menandatangani "perjanjian kontrak multi-tahun" dan pebalap Denmark itu akan mengemudi dalam tes pramusim resmi di Bahrain mulai Kamis ini sampai Sabtu.

"Saya senang menyambut Kevin Magnussen kembali ke Tim F1 Haas," kata Guenther Steiner, bos tim Haas, seperti dikutip Antara dari AFP, Kamis.

"Ketika mencari pebalap yang bisa mengimbuhkan nilai kepada tim ini, belum lagi pengalamannya dalam Formula 1, bagi kami Kevin adalah keputusan yang tepat."

Kontrak Mazepin dan sponsor Haas dari Rusia, Uralkali, diputus Sabtu lalu sebagai akibat invasi negara mereka ke Ukraina.

Ayah Mazepin, Dmitry, adalah direktur non eksekutif Uralkali yang mengkhususkan diri dalam potas.

Magnussen yang merupakan veteran dengan karir 119 menjadi starter Formula Satu dan melakukan podium debutnya pada 2014, sebelumnya membalap untuk Haas antara 2017-2020 setelah sempat bergabung dengan McLaren dan Renault.

Dia mencetak finis kesembilan yang merupakan tertinggi dalam kariernya dalam kejuaraan dunia bersama Haas pada 2018.