FIA Diminta Sanksi Pebalap Rusia, Posisi Nikita Mazepin di F1 Terancam
Pebalap Formula 1, Nikita Mazepin. (Instagram/@nikita_mazepin)

Bagikan:

JAKARTA – Federasi Otomotif Ukraina (FAU) meminta Federasi Otomobil Internasional (FIA) melarang semua pebalap Rusia dan Belarusia untuk berkompetisi di tingkat internasional, termasuk ajang Formula 1.

Ini membuat pebalap Rusia, Nikita Mazepin, terancam posisinya. Seperti diketahui, Mazepin saat ini berstatus sebagai driver dari tim Haas. 

Invasi Rusia ke Ukraina memang berdampak besar terhadap para atlet dari Negara Beruang Merah. Satu di antaranya adalah Mazepin.

Belum lama ini, pembawa berita televisi asal Inggris, Jeremy Clarkson, "menyerang" Mazepin di akun Twitternya. Dia meminta Mazepin untuk pulang ke negara dan balapan di sana.

Mazepin tetap berusaha tenang. Dia mengaku, tak bisa mengontrol apa yang telah terjadi dan fokus pada pekerjaannya.

"Saya memilih fokus atas apa yang bisa saya kontrol dan melakukan yang terbaik untuk tim saya," tuturnya di akun Twitter.

Sementara itu, Presiden FAU Leonid Kostyuchenko, juga meminta FIA mengeluarkan larangan penggunaan simbol negara Federasi Rusia dan Republik Belarusia selama kompetisi yang diselenggarakan dan yang disetujui FIA.

Kemudian, FAU juga menuntut adanya larangan kompetisi yang diselenggarakan dan yang disetujui FIA di wilayah Federasi Rusia dan Republik Belarusia.

FAU juga ingin agar kompetisi yang diselenggarakan Federasi Otomotif Rusia (RAF) dan disetujui mereka di wilayah pendudukan Ukraina, tidak boleh digelar. Kemudian semua anggota Federasi Rusia dan Republik Belarus dikeluarkan dari FIA.

Serta FIA harus mengeluarkan semua anggota yang mewakili Federasi Rusia dan Republik Belarus dari komisi FIA.

Invasi ke Ukraina membuat negara-negara Barat menanggapi dengan memberlakukan sanksi besar untuk Rusia. Dampak konflik tersebut meluas ke dunia olahraga.

Pekan kemarin F1 sudah mengumumkan bahwa sulit menggelar Grand Prix Rusia yang dijadwalkan berlangsung pada 25 September terdekat dalam situasi seperti sekarang.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) sebelumnya juga sudah merekomendasikan federasi mereka untuk melarang atlet Rusia dan Belarusia untuk tampil di acara-acara internasional.