4 Petinju Ukraina yang Siap Perang demi Pukul Mundur Pasukan Rusia
Petinju kelas berat Ukraina, Oleksandr Usyk, menyatakan siap berperang melawan Rusia. (Instagram/@usykaa)

Bagikan:

JAKARTA - Invasi Rusia ke Ukraina masih terus berlangsung. Ukraina belum mau menyerah, sementara Rusia tak menunjukkan tanda-tanda akan mundur.

Warga Ukraina dari semua kalangan kini tengah bersatu untuk melawan serangan dari Rusia, tak terkecuali dari para olahragawan.

Beberapa atlet Ukraina sudah menyatakan siap perang demi membela negaranya. Termasuk di dalamnya empat petinju dunia yang terkenal garang di atas ring.

Pertama adalah Vitali Klitschko. Pria berusia 50 tahun ini memang sudah pensiun dari dunia tinju dan fokus ke politik.

Dia mengaku tak punya pilihan lain selain mengangkat senjata untuk membela tanah airnya. "Saya harus melakukan itu. Saya akan berperang," tuturnya.

Sang adik, Wladimir Klitschko tak mau tinggal diam. Petinju yang pernah mengalahkan Anthony Joshua itu juga dikabarkan berdiri di garis depan demi menghalau pasukan Rusia.

Nama lainnya adalah Vasiliy Lomachenko. Petinju berusia 34 tahun yang pernah mempersembahkan dua medali emas Olimpiade itu juga menyatakan siap berperang.

Baru-baru ini Loma terlihat memegang M16 dan dilaporkan telah bergabung dengan Batalyon Pertahanan Teror Belgorod-Dniester.

Ada juga Oleksandr Usyk. Peraih medali emas Olimpiade 2012 itu sudah membatalkan pertandingannya kontra Anthony Joshua demi kembali ke negaranya.

Dia dilaporkan sudah masuk dalam daftar skuad tentara pertahanan wilayah Kyiv. Belum lama ini dia juga memperlihatkan foto dengan seragam lengkap dan menenteng senapan mesin otomatis.