Shin Tae-yong Siap Bantu 'Lewat Belakang' Pemain Indonesia untuk Main di Korea Selatan
Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku siap membantu pemain yang diminati klub luar negeri, terutama klub-klub yang berasal dari Korea Selatan.

Piala AFF 2020 rupanya menjadi berkah bagi sejumlah pemain Indonesia. Usai ajang tersebut sejumlah nama di skuat timnas Indonesia langsung masuk daftar buruan, tidak ketinggalan klub yang berasal dari kampung halaman Shin Tae-yong.

"Memang ada klub-klub Korea yang tertarik dengan pemain Indonesia. Saya bisa bantu dari belakang agar mereka bisa main di Korea," kata Shin di hadapan awak media Hotel Sultan, Jakarta.

Nama-nama yang kabarnya menjadi buruan tim luar negeri adalah mereka yang tampil apik di AFF 2020. Di antaranya ada nama Pratama Arhan, Ricky Kambuaya, dan Alfeandra Dewangga.

"Namun, langkah selanjutnya tugas agen dan pemain. Agen dan pemain harus bisa mengerjakan adminjstrasi dengan baik," kata pelatih yang berusia 51 tahun tersebut.

Shin Tae-yong bersama skuat Piala AFF 2020 baru saja selesai menjalani masa karantina selama lima hari pada Kamis. Pemain akan dipulangkan klub masing-masing sebelum dipanggil lagi untuk agenda berikutnya.

Timnas selanjutnya dijadwalkan akan menjalani pertandingan persahabatan internasional FIFA pada 20-31 Januari mendatang.

Shin Tae-yong rencananya tidak memanggil pemain yang merumput di luar negeri ke laga persahatan ini. Keputusan ini sebagai balas budi atas kebaikan hati klub luar negeri melepas pemain meski AFF tidak masuk kalender FIFA.

"Jadi harus balas budinya. Kita harus mengalah. Mungkin kali ini saya akan panggil pemain di Liga Indonesia," katanya.