Baru Diresmikan di India, Patung Ronaldo Malah Kena Cibir
Cristiano Ronaldo (Instagram @cristiano)

Bagikan:

JAKARTA - Cristiano Ronaldo kembali mendapat apresiasi dari warga dunia lewat pembangunan sebuah patung. Kali ini giliran masyarakat Goa, India yang punya monumen mega bintang pesepak bola itu.

Pembangunan patung CR7 di Goa, India tersebut sedianya diharapkan mampu menginspirasi banyak anak muda di sana. Tak tanggung-tanggung, biaya pembangunan patung tersebut menelan dana fantastis yakni 12.000 poundsterling atau setara Rp230 juta.

Dikutip dari Talksport, Kamis, 30 Desember, Kepala Menteri Goa, Michael Lobo mengatakan pembangunan patung Ronaldo adalah bentuk kecintaan warganya kepada sepak bola. Selain itu, patung ini diharapkan bisa menginspirasi para pemuda di sana untuk meningkatkan kualitas sepak bola di India.

"Untuk kecintaan terhadap sepak bola dan atas permintaan para pemuda kami, kami memasang patung Cristiano Ronaldo di taman untuk menginspirasi anak-anak muda kami untuk membawa sepak bola ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Lobo.

“Ini untuk pertama kalinya patung Cristiano Ronaldo muncul di India. Ini tidak lain untuk menginspirasi generasi muda kita,” imbuhnya.

Meski Lobo mengungkap maksud positif dari pembangunan patung tersebut, reaksi protes justru mencuat. Kali ini datang dari Presiden Forum Konstituen Calangute, Premanand Divkar.

Menurutnya patung Ronaldo dirasa kurang layak berada di lokasi tersebut. Sebab, kata Divkar masih ada sosok pemain lokal yang lebih pantas diabadikan sebagai monumen.

Sebut saja Bruno Coutinho dan Yolanda D’Souza, pesepak bola hebat yang berasal dari Calangute, yang merupakan salah satu wilayah di Goa. Sosok itu dinilai Divkar lebih pantas untuk dibuatkan patung karena jasa yang telah mereka berikan kepada dunia sepak bola India.

“Ada begitu banyak pesepak bola hebat dari Calangute seperti Bruno Coutinho dan Yolanda D’Souza, yang telah membawa kemenangan ke India dengan bermain sepak bola di tingkat internasional,” jelas Divkar.

“Kenapa patung mereka (Coutinho dan D'Souza) tidak bisa dipasang? Mereka berasal dari Calangute. Mengapa patung pesepak bola Portugal yang dipasang?” cibirnya.

Kehadiran patung di India ini juga menjadi patung kesekian di dunia yang menampilkan pemain asal Portugal tersebut. Karena pada 2017 lalu Ronaldo juga dibuatkan patung di kampung halamannya yang berada di wilayah Madeira, Portugal.

Namun, karya seni itu menuai ejekan dari publik karena dianggap memiliki bentuk yang aneh dan tidak mirip dengan parasnya. Alhasil, setelah itu patung yang lebih baik pun dibuat.