Gianluigi Buffon: Ronaldo Awal Kehancuran Juventus
Sumber: Football Italia

Bagikan:

JAKARTA - Penjaga gawang senior Juventus yang kini membela Parma, Gianluigi Buffon mengutarakan pandangannya terkait performa Juventus yang belakangan tak bertaji, terlebih dalam kompetisi Liga Champions.

Buffon menyebut, semua itu bermula saat kedatangan Cristiano Ronaldo ke Turin. Buffon mengatakan kedatangan Ronaldo justru menghancurkan karakter permainan tim berjuluk Bianconeri tersebut.

"Juventus memiliki kesempatan untuk memenangkan Liga Champions pada tahun pertama dia (Cristiano Ronaldo) tiba, yang merupakan tahun saya berada di Paris Saint-Germain dan saya tidak tahu apa yang terjadi," kata Buffon, seperti dikutip Football Italia Sabu 25 Desember.

"Ketika saya kembali, saya bekerja dengan ronaldo selama dua tahun dan kami melakukannya dengan baik bersama-sama, tapi saya pikir Juventus kehilangan DNA sebagai sebuah tim," ujarnya lagi.

Buffon merasa, Juventus selalu gagal di Liga Champions sejak ada Ronaldo. Padahal, kehadiran sang mega bintang ke Juventus pada 2018 bertujuan untuk membawa klub tersebut meraih kesuksesan di Liga Champions.

Akan tetapi, langkah itu gagal total karena mereka malah gagal mempertahankan gelar Scudetto pada musim terakhir Ronaldo berada di sana. Catatan apik Bianconerri yang sukses masuk final Liga Champions pada 2015 dan 2017 justru berubah ketika Ronaldo datang.

"Kami mencapai final Liga Champions pada 2017 karena kami adalah tim penuh pengalaman, tapi di atas semua itu, kami adalah satu kesatuan dan ada persaiangan tempat di grup yang sangat kuat. Kami kehilangan itu karena ada Ronaldo," tuturnya.