WBC Tutup Tahun 2021 dengan Duel Dua Petinju Terbaik Divisi Berat Ringan, Artur Beterbiev Vs Marcus Browne
Artur Beterbiev (Instagram @arturbeterbiev)

Bagikan:

JAKARTA - WBC bakal menggelar pertandingan tinju sebagai penutup tahun 2021 antara Artur Beterbiev berhadapan dengan Marcus Browne di Bell Centre, Montreal, Kanada, Jumat mendatang.

Artur Beterbiev bakal hadir untuk mempertahankan dua gelar juara dunia kelas berat ringan (79,3 kg) versi WBC dan IBF. Sementara Browne datang sebagai penantang wajib titel WBC.

Pertandingan ini diprediksi menarik karena kedua petinju dianggap sebagai yang terbaik di divisi berat ringan. Beterbiev sepanjang karier profesional tak terkalahkan dalam 16 pertandingan.

Melansir Antara, dalam pertandingan terakhir, petinju asal Rusia itu mempertahankan gelar WBC dan IBF mengalahkan Adam Deines dengan hasil technical knockout (TKO) pada ronde ke-10 di Khodynka Ice Palace, Moskow, 20 Mare 2021.

Adapun kali terakhir, dia bertarung di Kanada terjadi pada 23 Desember 2016 ketika mengalahkan Isidro Ranoni Prieto. Setelah itu Beterbiev meraih gelar IBF yang lowong saat berhadapan dengan Enrico Koelling di Save Mart Arena, Fresno, 11 November 2017.

Karier Beterbiev makin moncer hingga akhirnya mendapat titel WBC saat duel penyatuan gelar melawan Oleksandr Gvozdyk di Liacouras Center, Philadelphia, 18 Oktober 2019.

Promotor Beterbiev dari Top Rank, Bob Arum, mengatakan bahwa kliennya tersebut adalah salah satu petinju pound-for-pound (lintas divisi) hebat dan memiliki pukulan menakutkan.

Sementara itu, Browne mendapat kesempatan menjadi penantang sang juara setelah pada laga terakhir mengalahkan Denis Grachev di Shrine Exposition Center, Los Angeles, 20 April 2021.

Sepanjang debut profesional 9 November 2012, petinju kidal tersebut telah mengoleksi 24 kemenangan dan satu kali kalah.

Kekalahan yang dialami Browne terjadi pada 3 Agustus 2019 saat berhadapan dengan Jean Pascal dalam perebutan gelar WBC Silver dan WBA Interim di Barclays Center, Brooklyn.

Adapun bagi Beterbiev, kemenangan melawan Browne menjadi penting untuk melangkah maju mendapatkan gelar juara dunia lainnya. Saat ini, pemegang gelar di divisi berat ringan lainnya adalah Dmitry Bivol untuk WBA dan juara WBO Joe Smith Jr.

Namun sebelum itu, dia jelas harus melewati Browne yang berpotensi menjadi pesaing terberat sepanjang karier melebihi saat berhadapan dengan Oleksandr Gvozyk.