Liga 2 Pakai Sistem <i>Home Tournament</i>, 9 Klub Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah
Sesi latihan klub Liga 2 Sriwijaya FC (Instagram @sriwijayafc.id)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi Liga 2 akan dilanjutkan pada 17 Oktober mendatang. Namun, sistemnya tak lagi memakai zona wilayah seperti sebelumnya.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menggunakan sistem home tournament dengan single robin. Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan, sudah ada sembilan klub yang sudah mengajukan jadi tuan rumah.

"Kemungkinan nanti kita undi menjadi empat kota. Selanjutnya klub-klub akan kita undi masuk ke kota mana saja,"  ujar Akhmad Hadian kepada VOI, Kamis, 13 Agustus.

"Kemungkinan lain, yaitu tuan rumah yang siap dengan pembiayaan kompetisi di kota tersebut akan kami pilih," tambahnya.

Dia mengungkapkan, dari sembilan klub yang mengajukan sebagai tuan rumah, di antaranya adalah Persiba Balikpapan, PSPS Pekanbaru, dan Badak lampung.

Namun, Akhmad mengatakan, semuanya masih kemungkinan karena belum diputuskan secara resmi. Hal ini masih didiskusikan PT LIB dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

PT LIB sendiri sudah menggelar manager meeting pada Selasa kemarin. Dalam pertemuan itu, klub sepakat dengan sistem baru yang dibuat operator liga. Namun, ada yang masih jadi pertanyaan.

"Mereka bertanya, bagaimana nanti kalau terpilih sebagai tuan rumah dan sebagainya," tutur Akhmad Hadian.