2 Kali Tes COVID-19 Negatif, Timnas U-19 Diharapkan Tak Perlu Karantina Ketika TC di Korea
Salah satu pemain Timnas Indonesia, Muhammad Supriyadi, menjalani tes swab COVID-19 (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan mengatakan, kondisi para pemain timnas U-19 Indonesia dalam keadaan sehat. Dalam dua kali tes usap (swab test), para pemain dinyatakan negatif COVID-19. Diharapkan, skuat Garuda Muda sudah bisa menjalani pemusatan latihan (TC) pada 1 Agustus nanti.

Setelah melakukan TC di Jakarta, para pemain timnas U-19 rencananya bakal diboyong ke Korea Selatan. Mereka akan ditempa kemampuan serta fisiknya dengan melakukan latihan dan pertandingan uji coba.

Ketum PSSI berharap, para pemain timnas U-19 tak perlu lagi melakoni masa karantina selama 14 hari setibanya di Negeri Gingseng. Saat ini, PSSI tengah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia untuk mewujudkan keinginan tersebut.

"Kami memastikan kerja sama dengan Korsel, agar saat timnas kita ke sana tak perlu lagi menjalani isolasi selama 14 hari, karena di sini pun pemain sudah terbukti sehat semua, hasil swab-nya pun ada," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut saat menemui pemain di Hotel Fairmont, Kamis, 30 Juli.

"Harapannya, begitu tiba di sana bisa langsung latihan, sehingga pemain tak terlalu jenuh karena berada di dalam ruangan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dokter PSSI dan timnas, Syarif Alwi mengungkapkan, para pemain timnas U-19 sudah menjalani empat kali tes COVID-19, termasuk yang hari ini dilakoni. Sebelumnya, para pemain melakukan tes di daerah masing-masing sebelum berangkat ke Jakarta.

Sementara saat di lokasi TC, timnas U-19 menjalani melakukan sekali rapid test dan dua kali swab test. Dari hasil sebelumnya, semua pemain dinyatakan negatif COVID-19 dan tinggal menunggu hasil tes terakhir sebelum memulai latihan di bawah arahan pelatih kepala timnas Indonesia, Shin Tae-yong.