Record Union Sediakan Panduan untuk Musisi Hadapi COVID-19
Wellness Starter Pack (Record Union)

Bagikan:

JAKARTA - Sadar akan banyaknya musisi yang terkena imbas pandemi COVID-19 atau virus corona membuat Record Union, sebuah distributor digital asal Swedia, membuat starter pack khusus untuk musisi. Langkah ini dilakukan agar pegiat musik bisa menjaga kesehatan mental melalui lima aspek: nutrisi, positif, berlatih, perhatian, serta tidur.

Pandemi COVID-19 yang terus berkembang berefek pada pembatalan sejumlah acara serta proyek musik. Hal ini tentunya akan mengurangi produktivitas sekaligus penghasilan para musisi.

Hal tersebut juga dimaknai oleh Johan Svanberg sebagai CEO Record Union yang melihat efek domino dari pandemi COVID-19 ini. “Industri musik mengukur kesuksesan dari dasar komersial di mana yang pertama selalu mengenai uang. Tetapi dalam mencapai kesuksesan ini, kita bisa melihat banyak artis yang menemukan tekanan dan takut akan kegagalan yang luar biasa,” katanya dilansir dari Pitchfork, Jumat, 3 April.

Untuk menciptakan suasana industri yang lebih sehat, Record Union percaya kesehatan mental perlu dijaga. Maka dari itu, mereka mengajak lima pakar yang sesuai dengan kategori untuk berbagi cara mengontrol kesehatan mental musisi melalui lima aspek. Daniel Gartenberg sebagai pakar kesehatan tidur, Erik Fenrholm sebagai pakar positivity, Dr. Judson Brewer yang merupakan psikiatri sebagai pakar mindfullness, Dr. Joseph Firth sebagai pakar kebugaran, dan Dr. Lina Begdache sebagai pakar nutrisi gizi.

Penggarapan Wellness Starter Pack ini dimulai berdasarkan pengambilan data yang dilakukan oleh Record Union. Sebanyak 73 persen dari 1.489 musisi merasakan emosi negatif seperti stres, kecemasan, dan depresi yang menginspirasi mereka membuat musik. Melalui situsnya, 63 persen tidak terlalu memikirkan kesehatan mental dan memilih tidur cukup, memilih dikeliling oleh orang yang positif, makan dengan baik, berolahraga, dan menyadari perasaannya sendiri.

Dengan durasi 30 menit, masing-masing video dibuat melalui sesi teleconference. Menonton sesi Wellness Starter Park bisa menjadi alternatif bagi musisi maupun kita dalam menghadapi wabah virus corona. Masifnya pemberitaan berlebih membangun rasa khawatir dan tanpa sadar menyerang bagian emosional.

Ilmu ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis untuk pengguna serta musisi yang merasakan keluhan serupa. Anda bisa menyaksikan kelima video Wellness Starter Pack melalui kanal YouTube Record Union.