Bagikan:

JAKARTA - Tanpa banyak petunjuk atau pertanda, Banda Neira mengumumkan comeback dengan single dan album baru. Mereka juga memperkenalkan Sasha sebagai vokalis baru penerus Rara Sekar.

Sejak bubar pada 2016, Ananda Badudu selaku pendiri sering didesak untuk reuni. Meski tak bisa mewujudkan dengan formasi lama, ia hanya tampil beberapa kali secara solo maupun kolaborasi.

Salah satu momen Ananda membawakan lagu-lagu Banda Neira terjadi di Pestapora 2023. Dari situ lah ia sadar, ia ingin merayakan karya-karyanya bersama para pendengar setia.

“Cukup delapan tahun saya menanggung perasaan bersalah tidak bisa mempertanggungjawabkan karya di hadapan pendengar. Kali ini saya ingin merayakan Banda Neira bersama pendengar. Selagi saya masih hidup. Selagi masih bisa,” ujar Ananda Badudu dalam keterangan resminya, 28 Oktober.

Antusiasme penonton sangat luar biasa saat itu. Semua ikut bernyanyi karena rasa rindu yang ssangat mendalam.

Bagi Ananda, momen itu pun jadi salah satu yang tak terlupakan selama menjadi musisi. "Panggung itu bikin saya kena mental," kenangnya.

Single Tak Apa Akui Lelah mengawali perjalanan album ketiga berjudul Tumbuh dan Menjadi. Album itu digarap di studio rekaman sejak Mei hingga September 2024. Album yang seluruh lagunya diproduseri oleh Lie Indra Perkasa ini direkam di studio Gadgadasvara (Tangerang) dan Kua Etnika (Yogyakarta).

Album tersebut dijadwalkan rilis pada 1 November mendatang. Tinggal menunggu beberapa hari untuk menjadi saksi bangkitnya Banda Neira dari tidur panjangnya.