Bagikan:

JAKARTA - Setelah penantian cukup panjang, Ozzy Osbourne akhirnya dilantik ke dalam Rock & Roll Hall Of Fame. Ini merupakan pelantikan keduanya, setelah dilantik bersama Black Sabbath pada tahun 2006 silam.

Pada malam pelantikan, 20 Oktober, Jack Black ditunjuk untuk memberikan sambutan. Vokalis Tenacious D itu menyebut Ozzy sebagai frontman terhebat dalam sejarah rock ‘n roll.

“Sampul album solo perdana Ozzy, ‘Blizzard Of Ozz’ adalah hal paling metal yang pernah saya lihat, dan saya bahkan tidak tahu apa itu metal,” kata Jack Black, mengutip Blabbermouth, Rabu, 23 Oktober.

“Kemudian saya kembali ke album-album Ozzy sebelumnya, ke Black Sabbath. Dan saya seperti, orang yang tidak tahu malu, bajingan ini menemukan heavy metal... hal tergelap dan terberat yang pernah didengar dunia,” lanjutnya.

Sambutan Jack Black mendapat tepuk tangan dari seluruh orang yang hadir dalam pelantikan tersebut.

Setelah sambutan Jack, Ozzy naik ke atas panggung. Sambil duduk di singgasana, penyanyi 75 tahun itu menerima penghargaan yang sudah lama dinantikan.

"Nah, di sinilah kita. Tahukah Anda? Saya tidak percaya saya sendiri ada di sini. Izinkan saya menyampaikan ucapan terima kasih, karena saya tidak akan membuat Anda bosan dengan monolog yang panjang dan bertele-tele. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada siapapun yang memilih saya masuk ke Rock & Roll Hall Of Fame untuk karya solo saya. Terima kasih yang sebesar-besarnya. Terima kasih dari lubuk hati saya. Terima kasih,” tutur Ozzy.

"Penggemar saya sangat setia kepada saya selama bertahun-tahun, saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada mereka. Selama bertahun-tahun saya beruntung bisa bermain dengan beberapa pemain gitar, drumer, pemain bass terhebat di dunia, dan beberapa dari mereka ada di sini malam ini. Namun, saya harus mengatakan satu hal untuk pria bernama Randy Rhoads. Jika saya tidak bertemu Randy Rhoads, saya rasa saya tidak akan duduk di sini sekarang. Dan lebih dari itu, istri saya Sharon. Menyelamatkan hidup saya. Dan cucu-cucu saya serta bayi-bayi saya. Saya mencintai mereka semua,” lanjutnya.

Setelah pelantikan, beberapa musisi kenamaan pun tampil di atas panggung untuk memberikan penghormatan.

Chad Smith (drumer Red Hot Chili Peppers), Robert Trujillo (bassis Metallica), Andrew Watt (produser dan multi-instrumentalis), dan Adam Wakeman (kibor) bergabung dengan vokalis TOOL Maynard James Keenan dan Wolfgang Van Halen tampil membawakan "Crazy Train".

Selanjutnya, Zakk Wylde dan Jelly Roll bergabung untuk membawakan "Mama I'm Coming Home".

Billy Idol pun mengambil alih vokal dan Billy Steve Stevens ikut bergabung untuk lagu ketiga dan terakhir dari pertunjukan tersebut.