Bagikan:

JAKARTA - John Legend sukses menggelar konsernya yang bertajuk An Evening With John Legend: A Night of Songs And Stories, di Sentul International Convention Center, Minggu, 6 Oktober 2024. Pada konser ini, John Legend tak hanya bernyanyi, tetapi juga bercerita perjalanan kariernya hingga musisi ternama.

Pelantun lagu “All Of Me” itu mengatakan bahwa ia mengenal musik dari orangtuanya yang membawanya untuk aktif pelayanan di gereja. Ia bergabung menjadi anggota paduan suara gereja di kampung halamannya, Ohio, Amerika Serikat.

“Aku tumbuh di gereja. Belajar Alkitab, pelayanan, dan latihan paduan suara. Hal itu membentuk aspek dalam hidupku. Itu adalah dasar dari musik, keluarga, dan pendidikanku,” tutur John Legend.

Selama hidupnya, John mengaku bahwa musik membantunya dalam banyak hal. Ia merupakan orang yang pemalu, tetapi dengan musik ia bisa berkenalan dan berteman dengan banyak orang.

An Evening With John Legend: A Night of Songs And Stories di SICC (Foto: Yesica Sitinjak/VOI)
An Evening With John Legend: A Night of Songs And Stories di SICC (Foto: Yesica Sitinjak/VOI)

“Aku pemalu, dan satu hal yang aku tahu adalah aku bisa nyanyi dan bermain musik. Musik adalah caraku memperkenalkan diriku ke orang lain, menyatu dengan mereka,” katanya.

John Legend mulai fokus ingin berkarier sebagai musisi profesional ketika duduk di bangku kuliah. Namun, saat itu keinginannya tersebut belum bisa tercapai hingga ia bekerja sebagai konsultan.

Sampai akhirnya John Legend bertemu dengan Kanye West. Mereka kemudian bekerja sama untuk membuat musik, hingga John akhirnya bisa merilis debut albumnya yang bertajuk Get Lifted pada 2004 lalu.

“Get Lifted menjadi sesuatu yang kami kerjakan bersama, karena hubungan kami, kami menyatukan suara,” ujarnya.

Penyanyi berusia 45 tahun itu juga menceritakan asal usul tercipta nama panggungnya John Legend, yang dipengaruhi oleh Kanye West. Nama asli John Legend adalah John Roger Stephens.

“Saat sesi bersama Kanye, ada penyair asal Chicago bernama J. Ivy, dan ketika dia mendengar saya bernyanyi di beberapa lagu College Dropout (album Kanye West), dia berkata ‘wow kami akan memanggilmu The Legend’,” ungkap John Legend.

“Aku belum menentukan untuk mengganti nama panggung secara resmi (saat itu), tapi Kanye melakukan beberapa hal yang mendorongku ke arah itu. Jadi di studio saya menamai diri saya John Legend, memperkenalkan diri saya ke label rekaman sebagai John Legend,” tambahnya.

Selain tentang perjalanan kariernya, pada konser ini John Legend juga bercerita mengenai kisah cintanya dengan sang istri, Chrissy Teigen. Ia juga bercerita tentang pembuatan lagu “All Of Me” yang dibuat khusus untuk Chrissy dan dinyanyikan pertama kali olehnya ketika mereka menikah pada 2013 lalu.