Bagikan:

JAKARTA - Dunia musik kembali dipertemukan dengan komposisi musik tersembunyi yang ditulis oleh Wolfgang Amadeus Mozart, salah satu musisi terbesar dalam sejarah musik Barat.

Komposisi musik untuk string trio itu diduga ditulis oleh Mozart pada masa remaja, terdiri dari tujuh bagian, dengan durasi musik sekitar 12 menit.

Ditemukan di perpustakaan kota Leipzig, Jerman, komposisi musik Mozart itu tidak ditulis oleh Mozart sendiri, melainkan diyakini oleh para peneliti sebagai salinan yang dibuat sekitar tahun 1780.

Para peneliti menemukan karya tersebut di perpustakaan musik kota Leipzig saat menyusun edisi terbaru katalog Köchel yang merupakan arsip definitif karya musik Mozart.

“Karya tersebut dibawakan oleh trio string pada peluncuran katalog Köchel yang baru di kota Salzburg, Austria, pada Kamis (19 September),” kata para peneliti, mengutip The Guardian, Minggu, 22 September.

Komposisi musik hhhjbaru ditemukan itu juga telah dibawakan untuk pertama kali di Opera Leipzig pada Sabtu, dua hari setelah naskah ditemukan.

Naskah komposisi musik Mozart tersebut dimasukkan perpustakaan Leipzig ke dalam katalog Ganz kleine Nachtmusik.

“Naskah tersebut terdiri dari tinta cokelat tua di atas kertas buatan tangan berwarna putih sedang, dan bagian-bagiannya dijilid secara individual,” kata para peneliti.

Katalog Köchel menggambarkan karya tersebut dilestarikan dalam satu sumber, dimana atribusi penulis menunjukkan bahwa karya tersebut ditulis sebelum perjalanan pertama Mozart ke Italia.

Sebagai informasi, Wolfgang Amadeus Mozart lahir di Salzburg pada 27 Januari 1756. Dia dikenal sebagai “anak ajaib” yang mampu memainkan dan membuat komposisi musik rumit sejak kecil.

Meski meninggal di usia yang relatif muda pada 5 Desember 1791, pandangan umum menyatakan terdapat sekitar 620 komposisi musik sudah ditulis Mozart, yang meliputi musik choral, musik teater, orkestra, musik piano, musik chambers, musik organ, dan lain-lain.