Bagikan:

JAKARTA - Band indie-pop asal Kanada, Valley baru saja memperkenalkan album studio ketiga dengan tajuk “Water the Flowers, Pray for a Garden”. Album ini menjadi pengingat sepuluh tahun perjalanan mereka di industri musik.

Tajuk album ini diambil dari lagu berjudul serupa yang sudah dirilis Rob Laska (voka), Alex Dimauro (bass), dan Karah James (drum) pada Juni lalu.

Demo lagu “Water the Flowers, Pray for a Garden” sendiri merupakan karya yang sempat terlupakan, ditulis pada tahun 2021 ketika personel Valley sedang mengisolasi diri untuk menulis musik baru.

Saat itu, Valley memilih untuk memilih lagu “Like 1999” yang terbukti jadi lagu tersukses mereka sampai saat ini. Sementara “Water the Flowers, Pray for a Garden” disimpan di dalam Dropbox yang penuh dengan demo lagu.

“Kami benar-benar memiliki dua jalan yang sebelumnya tidak kami ketahui,” kata Karah James, merenungkan bagaimana lagu “Water the Flowers, Pray for a Garden” bisa tersimpan begitu lama hingga akhirnya ditemukan kembali dan dirilis.

Adapun, “Water the Flowers, Pray for a Garden” merupakan lagu tentang cinta, kehilangan, dan menemukan sisi baiknya.

Lagu tersebut dirasa telah membawa Valley kembali ke jati diri mereka yang sebenarnya, di suatu tempat yang lebih ceria antara indie, folk, dan pop.

“Rasanya seperti kami. Rasanya seperti jalan yang akhirnya terasa seperti Valley,” ucap Karah.

Berpindah ke sebuah kabin di Pegunungan Smoky pada Februari lalu, Valley di bawah bimbingan Chase Lawrence dari COIN pun menghabiskan seluruh bulan dengan akses yang sangat terbatas ke dunia luar. Mereka pun mulai mengumpulkan materi untuk album ketiga.

“Lagu-lagu itu mengalir begitu saja dari kami,” kata Rob.

“Saya pikir itu pertanda nyata saat Anda membuat sesuatu yang istimewa. Kami tidak mencari hal-hal untuk ditulis. Kami tahu persis apa yang perlu kami tulis. Menurut saya, ini adalah pertama kalinya kami menyaksikan sebagai sebuah band dimana semuanya ada di sana, kami hanya perlu meraih dan meraihnya,” lanjutnya.

“Bop Ba” jadi track utama untuk album ketiga, merupakan lagu bernuansa folk yang mengeksplorasi beberapa perubahan lain dalam hidup.

Lagu ini memiliki makna berbeda bagi setiap personel, dengan Rob mengaitkannya dengan perjuangan ibunya melawan gangguan bipolar, sementara Karah mengambil inspirasi dari perasaan ketergantungan dan keterikatan yang tidak sehat dalam hubungan romantis.

Berikut daftar lagu dalam album Water The Flowers, Pray For A Garden dari Valley:

Water the Flowers, Pray for a Garden

A Little More

Growing (Apart)

When You Know Someone

Let It Rain

Crawlspace

Mosquito

Bop Ba

I Didn’t Even Ask For This

Bass Player’s Brother

Life Goes On Without Me

Cocoon