Bagikan:

JAKARTA - Kibordis Untuk Bangsa Indonesia (KUBI), pada hari ini, Senin 26 Agustus melaksanakan program pertamanya terkait pendidikan musik. Program ini menjadi satu dari beberapa agenda tetap sebagai wujud sinergi KUBI dengan para stakeholder di Indonesia.

Digelar di DSS Music, Jakarta, acara ini dihadiri sejumlah anggota dan pengurus yang sebagian merupakan musisi senior Tanah Air. Mereka di antaranya adalah Chandra Darusman, Addie MS, Ferdinand Marsa dan Tamam Husein yang jadi pembicara di forum hari ini.

"Saya sangat gembira dengan adanya peresmian KUBI memang seperti halnya perkembangan zaman di mana struktur sosial pergaulan sangat diwarnai dengan perkembangan tekonologi yang segala sesuatunya tidak dilakukan sendiri. Adanya KUBI ini bukti bahwa kita perlu berkumpul bersama. KUBI ini saya pikir akan berperan bagus kalau satu kelompok musisi bergabung berserikat dan untuk mencapai sesuatu harus diperjuangakan secara kolektif," tutur Chandra Darusman kepada awak media, Senin, 26 Agustus.

Sementara itu, Addie MS berharap forum ini akan memfasilitasi para anggota untuk saling belajar dan menumbuhkan ide-ide kreatif.

"Yang saya lihat dengan forum ini, dulu itu saya masih ingat betapa sulitnya mencari referensi untuk belajar, paling gampang kalau punya duit sekolah aja ke Amerika. Sekarang sudah banjir referesi, klik sana sini saja kita bisa tahu," kata Addie MS.

"Begitu mudahnya referensi pemain kan makin beragam kalau tidak ada semacam forum atau asosiasi akan tumbuh sendiri-sendiri dan yang saya lihat ada satu rasa kerinduan sebagau makhluk sosial. Ketika kumpul dan ketemu sesama kibordis sering kali muncul ide yang sifatnya artistik atau untuk masa depan kita. Memang bersama berkelompok sangat positif dan banyak manfaatnya, jadi saya dukung adanya KUBI," tambahnya.

Berawal dari sebuah komunitas kibordis dan pianis, Kibordis Untuk Bangsa Indonesia (KUBI) tercetus pada Agustus 2015 atas inisiatif Fadhil Indra. Komunitas ini pun jadi wadah bagi para kibordis dan pianis untuk menjalin silaturahmi, sekaligus ajang berbagi ilmu dan pengalaman.

Pada 2017, KUBI menggelar konser perdana di Graha Bhakti Budaya Jakarta. Diikuti 132 musisi lintas usia dan genre, kegiatan tersebut diganjar World Record Holder oleh Record Holders Republic.

Dari tahun ke tahun, KUBI terus berkembang dan berkontribusi kepada masyarakat Indonesia dengan dapat memajukan Indonesia melalui musik, baik dalam membuat lagu baru dan juga dalam pendidikan.

Pada akhir tahun 2023, KUBI mencatatkan diri sebagai organisasi resmi dengan Munas pertama dilakukan pada tanggal 2 Desember 2023 di DSS Music yang juga menjadi kantor sekretariat KUBI. Saat berita ini ditulis, anggota resmi KUBI tercatat sebanyak 229 orang.