Bagikan:

JAKARTA - Pongki Barata eks Jikustik memiliki cerita dimana penyanyi cover bisa sangat menguntungkan bagi penulis lagu. Kolaborasi keduanya bahkan punya potensi besar yang sangat menguntungkan.

Salah satu contoh dari kasus yang dialami Pongki adalah lagunya yang berjudul “Aku Milikmu Malam Ini”. Penyanyi-penulis lagu 46 tahun menyebut lagu ciptaannya itu ditulis untuk sebuah proyek film.

“Lagu ‘Aku Milikmu Malam Ini’ dibuat sebenarnya karena pesanan dari seorang sutradara untuk filmnya dia yang berjudul Kekasih,” kata Pongki Barata, mengutip unggahan Instagram WAMI, Kamis, 15 Agustus.

Pongki menyebut lagunya itu tidak cukup dikenal, bahkan setelah dia rilis ulang.

“Lagu itu dibawakan eksklusif oleh Mas Iwan Fauz tahun 2009. Di 2011 saya coba rilis ulang di album solo saya,” kata Pongki.

“Hasilnya juga masih biasa-biasa aja,” imbuhnya.

Ketika lagu tersebut dibuatkan cover oleh seseorang dan diunggah ke YouTube, ternyata respon pendengar menjadi berbeda.

“Lucunya ketika lagu ini di-cover oleh salah seorang seniman bernama Felix di Youtube tahun 2016 atau 2018, tiba-tiba lagunya meledak dan sampai sekarang mungkin udah lebih dari 60 juta views,” tuturnya.

“Di sini saya melihat potensi bahwa Youtuber cover dengan pencipta lagu itu sebenarnya bisa kolaborasi dengan baik.”

Adapun, Aku Milikmu malam ini berkisah tentang sepasang mantan kekasih yang pernah menjalin hubungan dan kemudian berpisah.

Mereka bertemu kembali, dan ketika bertemu hanya punya waktu satu malam untuk bersama-sama, untuk kemudian berpisah kembali keesokan harinya.