Pongki Barata Ungkap Suka dan Duka Pilih Jalur Independen
Pongki Barata (Instagram @pongki_barata)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah cukup lama Pongki Barata memilih untuk bermusik di jalur independen. Namun begitu, ia masih tetap konsisten untuk terus berkarya, baik dengan lagu baru maupun lagu yang diaransemen ulang.

Setelah merilis ulang Pandangi Langit Malam Ini, lagu yang pernah menjadi hits dari Jikustik yang saat itu berada di bawah naungan Warner Music Indonesia, Pongki bicara soal keputusannya yang mengambil jalur independen.

“Memilih jalur independen, tanpa dukungan label rekaman itu bukan keputusan yang mudah,” kata Pongki Barata dalam unggahan Instagram, dilihat Senin, 19 Februari.

Jalur independen memang membuat seorang musisi jadi lebih bebas berkarya, namun diakui tidak mudah untuk memfasilitasi kebebasan tersebut, terutama soal pembiayaan.

“Salah satu sisi enaknya adalah memiliki kebebasan 100 persen akan apa yang mau dilakukan,” kata Pongki.

“Gak enaknya adalah masalah pembiayaan,” imbuhnya.

“Zaman di label dulu, saya sangat dimanjakan dengan budget produksi yang sudah disiapkan. Sekarang, saya harus menyiapkan sendiri.”

Berkaca dari pengalamannya saat merilis ulang Pandangi Langit Malam Ini, Pongki mengaku kesulitan saat membuat video musik.

Beruntung, eks vokalis Jikustik itu memiliki kenalan yang bersedia membantunya setiap saat menggarap karya baru. Bahkan, produksi video musik dapat berjalan lancar meski pembiayaan tidak sepenuhnya diselesaikan di awal.

“Hari itu saya belajar, Tuhan yang menetapkan. Nunggu dana datang dulu? Keburu hilang momentum. Tuhan akan terus memberikan pertolongan. Kita tinggal mengolah dari apa yang ada. Kadang kadang, berpikir 'lugu dan simple' adalah jalan keluar. Karena di situ kita mempercayakan yang lainnya pada Tuhan,” pungkas Pongki Barata.