Bagikan:

JAKARTA - ALI, band eksperimental yang beranggotakan Arswandaru (bass, vokal), Absar Lebeh (gitar), dan John Paul Patton (drum), akan tampil di Fuji Rock Festival pada 28 Juli.

Arswandaru menyebut gelaran musik Jepang itu merupakan salah satu festival yang sudah mereka dambakan sejak awal. Fuji Rock Festival diharap menjadi awal dari capaian besar lainnya di masa depan.

“Fuji Rock Festival ada di bucket list kami. Dibilang pencapaian ya pasti, cuma bukan yang kayak ini pencapaian terakhir, belum sih, masih ada festival lain yang mungkin di negara lain yang lebih besar atau seru,” kata Arswandaru saat ditemui di Gunawarman, Jakarta Selatan, Kamis, 11 Juli.

Kebanggaan Daru tampil di Fuji Rock Festival bukan karena kapasitasnya yang mampu menghadirkan banyak penonton, dia menyebut sistem kurasi yang cukup ketat jadi salah satu alasan ALI bangga bisa tampil di sana.

“Kalau ngomongin Fuji Rock ini kan kurasinya ketat, venue-nya secara geografis sangat menarik, itu menambah pengalaman baru kita, buat manggung di festival yang berbeda,” ujarnya.

Lebih jauh, Daru juga bicara soal persiapan ALI untuk tampil di Jepang. Berbeda dengan tampil di Indonesia, mereka harus mempersiapkan banyak hal tanpa bantuan kru seperti halnya di Indonesia.

“Lebih ke teknis sih. Kalau di sini kita dibantu banyak kru, kalau selama tur di luar kita nggak pernah bawa kru. Dan itu saya perhatiin habit (kebiasaan) band-band luar juga begitu, benar-benar ngurai dari nol, semua set up sendiri,” tutur sang bassis.

“Itu salah satu pelajaran buat kami juga, ternyata ngeband dan tur yang kita bayangin itu ada indahnya tapi juga ada struggle-nya (perjuangannya). Dan itu nggak mengurangi keseruannya sih sebenarnya.”