Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka merayakan single kolaborasi terbaru dengan Andien berjudul “Pesona”, Basboi merilis Official Merchandise unik berupa Jersey. Selain berusaha menampilkan hal menarik dari sisi musik, Basboi juga ingin membuat merch yang beda dari musisi lainnya.

Jersey “Pesona” ini pun sudah dikenakan Basboi dalam musik video dari “Pesona”, yang bisa ditonton di kanal YouTube resminya.

Sejauh ini banyak musisi yang merilis T-shirt sebagai merchandise resmi. Basboi pun terinspirasi untuk membuat merch-nya sendiri, tapi dalam versi jersey yang mirip kaos. Desain Jersey ini sendiri sepenuhnya hand-drawn oleh Ivania Nabila, seorang designer lokal, yang membuat designnya mengikuti mood keseluruhan lagu “Pesona”.

Official Merchandise Jersey “Pesona” dapat dipesan melalui Umusicstore.co.id, dan mulai dijual pada hari Senin, 10 Juni 2024.

Pesona sendiri bercerita tentang kekaguman Basboi terhadap pesona wanita-wanita mandiri yang ia kerap temui di kota besar. Wanita yang punya visi dan misinya sendiri, menolak untuk menjadi objek, dan tidak takut untuk berdiri di atas kakinya sendiri, walaupun sudah menjadi rahasia umum bahwa dunia dan caranya “berputar” masih belum adil untuk wanita di luar sana.

Secara penulisan, tidak ada makna yang muluk-muluk dari Basboi selain merayakan dan mengapresiasi wanita-wanita mandiri ini.

Estetika musik urban pada tahun 2000an awal di Indonesia menjadi titik fokus dalam penggarapan lagu ini. Pertama-tama, Babsoi menggandeng Kareem Soenharjo (BAP.) di meja produksi untuk meramu musik, dengan harapan untuk menghidupkan rasa nostalgia pada era tersebut - namun tetap menghembuskan ruh modernitas dan warna hip-hop yang khas untuk Basboi bermain.

Ia memilih Andien sebagai representasi ikon pop Indonesia pada tahun 2000an yang juga merupakan manifestasi dari salah satu inspirasi penggarapan lagu, yakni album kedua-nya berjudul Kinanti. Inspirasi lainnya juga tertuang pada bagian chorus, yakni merupakan interpolasi dari single hit Andezzz berjudul “Pergi” yang populer di sekitar tahun 2007.

Single ini disajikan bersamaan dengan video klip yang diproduksi oleh Hura Creative Garage dan disutradarai oleh Prama Surya, yang juga menggarap video klip single Basboi sebelumnya yakni New Cartier. Masih menampilkan estetika visual tahun 2000an, video klip ini turut dibintangi Andien dan Aji Sabha, yang berperan sebagai announcer radio fiksi “80.1FM Boi Radio”, yang diceritakan menjadi semesta dan entitas baru dalam kampanye album Basboi selanjutnya. Andezzz turut muncul sebagai cameo, menggarisbawahi interpolasi bagian chorus yang terdapat di lagu ini.