Bagikan:

JAKARTA - Duo folk asal Bali, Nosstress meluncurkan album keenamnya yang bertajuk “Lebih Dekat”. Album ini berisi delapan lagu yang digarap Man Angga dan Guna Warma.

Dalam proses produksinya, Nosstress memilih cara yang terbilang sederhana. Tanpa harus terjebak dengan teknis keproduksian musik yang umumnya dilakukan di studio, Nosstress memilih memproduksi lagu-lagu di album baru lewat gawai mereka sendiri.

“Di album baru ini kami memutuskan untuk merekam semua karya hanya menggunakan ponsel pribadi, baik itu saat rekaman atau saat pengambilan gambar, dengan aplikasi yang ada di ponsel kami,” kata Man Angga dalam keterangannya.

Tidak hanya itu, proses mixing dan mastering juga dilakukan secara mandiri oleh Man Angga di tempat yang mereka namai Taman Bermain Nosstress. Bukan tanpa sebab, duo ini ingin melakukan semuanya dengan mandiri dan menggunakan alat yang ada di rumah.

“Sembilan puluh persen produksi album ini, mulai dari rekaman audio, visual, mixing dan mastering, kami kerjakan mandiri. Selebihnya dibantu teman,” ujar Man Angga.

“Kami ingin menyebarkan pesan, kita bisa berkarya dengan apapun yang kita sudah punya, dengan kemampuan kita sendiri,” lanjutnya.

Meski produksi terbilang sederhana, Nosstress percaya bahwa lagu dan lirik yang sesuai akan menarik pendengarnya sendiri, oleh karenanya tidak ada kekhawatiran terkait dunia musik yang semakin canggih. Selain itu, mereka juga ingin menyampaikan karyanya langsung terlepas dari kualitas teknis rekaman.