Bagikan:

JAKARTA - Coldplay mengungkap keberhasilan mereka dalam upaya mengurangi emisi karbon dalam tur 'Music of the Spheres' yang berlangsung selama dua tahun di seluruh penjuru dunia.

Sebagaimana diketahui, pengurangan emisi karbon jadi salah satu poin dari tur ‘Music of the Spheres’ yang sering disebut sebagai konser tur ramah lingkungan. Tur ini dimulai pada Maret 2022 dan berakhir pada Februari 2024, dengan total lebih dari sembilan juta tiket terjual.

Dalam pernyataan yang diunggah di akun media sosial resmi, tur ‘Music of the Spheres’ disebut berhasil mengurangi emisi karbon hingga 59 persen dibandingkan tur stadion Coldplay di sepanjang tahun 2016 dan 2017.

“Saat kami pertama kali mengumumkan Tur Music Of The Spheres pada tahun 2021, kami berjanji untuk mengurangi emisi karbon langsung kami (dari produksi pertunjukan, pengangkutan, perjalanan band dan kru) setidaknya 50%. Dengan senang hati kami laporkan bahwa emisi CO2e langsung dari dua tahun pertama tur ini berkurang 59% dibandingkan tur stadion kami sebelumnya (2016-17), berdasarkan perbandingan pertunjukan demi pertunjukan,” bunyi pernyataan Coldplay, Senin, 3 Juni.

“Angka-angka ini telah diverifikasi oleh MIT Environmental Solutions Initiative. Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga tur kami yang luar biasa dan kepada semua orang brilian yang telah mewujudkan hal ini.”

Chris Martin cs juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh penonton atas apa yang mereka lakukan sepanjang konser. Coldplay mengungkap bahwa tur kali ini juga berhasil menanam tujuh juta pohon di berbagai negara yang mereka kunjungi.

“Yang terpenting, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang datang ke pertunjukan dan membantu mengisi daya baterai pertunjukan di power bike dan lantai dansa kinetik; setiap orang yang datang dengan berjalan kaki, bersepeda, berbagi tumpangan, atau angkutan umum; setiap orang yang datang membawa botol air isi ulang atau mengembalikan gelang LED untuk didaur ulang; dan semua orang yang membeli tiket, artinya kalian sudah menanam satu dari tujuh juta pohon sejauh ini.”

“Sebagai sebuah band, dan sebagai sebuah industri, kami masih jauh dari apa yang kami perlukan dalam hal ini. Namun kami berterima kasih atas bantuan semua orang sejauh ini, dan kami salut kepada semua orang yang berupaya mendorong segala sesuatunya ke arah yang benar.”