Bagikan:

JAKARTA - Konser Coldplay Music of The Spheres bukan hanya perkara panggung musik. Band asal Inggris itu juga membawa misi untuk mengurangi jejak karbon sebanyak mungkin dari konsernya.

Booth khusus yang dilengkapi sepeda statis akan dihadirkan saat Coldplay menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat pada 15 November mendatang.

Serupa dengan konser Coldplay Music of The Spheres di kota-kota lainnya, pengunjung bisa menggunakan sepeda statis yang berfungsi sebagai sumber aliran listrik.

Sepeda statis nantinya dikayuh para penonton untuk menghasilkan listrik. Tujuannya adalah mengurangi karbon yang dihasilkan dari energi listrik konvensional.

“Kami juga memiliki sepeda statis yang cara kerjanya sama dengan lantai kinetik," kata Chris Martin, vokalis Coldplay saat diwawancarai BBC pada 2021 lalu.

Rangkaian Music of The Spheres World Tour memang menargetkan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 50 persen, jika dibandingkan tur terakhir mereka.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Coldplay, program sustainability yang digencarkannya bekerja sama dengan para berbagai pihak untuk mengurangi dampak dan emisi yang dihasilkannya sebanyak mungkin.

"Kami telah bekerja sama dengan DHL sebagai Mitra Logistik Resmi tur untuk meminimalkan emisi dari pengangkutan dan transportasi. Sebagai pemimpin di bidang transportasi dan logistik berkelanjutan, DHL akan mendukung tur tersebut dengan menawarkan solusi untuk meminimalkan emisi terkait logistik dan dampak lingkungan lainnya, mulai dari biofuel canggih di udara hingga kendaraan listrik di darat," bunyi pernyataan tersebut.