Eksplorasi Cakra Khan dengan Warna Baru di Album DIVINE
Cakra Khan (kiri) dan Ade Govinda saat jumpa pers perilisan album DIVINE (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Penantian panjang selama 11 tahun Cakra Khan berakhir setelah merilis album penuh keduanya yang bertajuk DIVINE. Meski aktif bermusik sejak tahun 2010, sebelumnya penyanyi 31 tahun ini baru merilis satu album penuh dengan tajuk Cakra Khan (2013).

Setidaknya butuh waktu dua tahun bagi Cakra Khan untuk mengumpulkan 15 lagu yang ada di album, yang mana empat di antaranya sudah pernah dirilis.

“Proses rekamannya terbilang menarik karena tidak hanya di Jakarta. Prosesnya ada yang di Bali, ada juga yang di Abbey Road, London,” kata Cakra Khan saat jumpa pers di Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 12 Februari.

Tidak hanya tempat yang beragam, Cakra juga menghadirkan banyak warna di album barunya. Dia ingin bereksplorasi dengan banyak gaya musik berbeda, bahkan yang belum pernah dicoba.

“Di album ini saya usahakan berbeda, bukan sama. Dari yang udah saya rilis pun saya ambil yang saya rasa ada warna baru. Sementara di sebelas lagu itu beda-beda, ada yang soul, indie pop, ada juga yang mellow,” kata Cakra.

“Jujur aja, dengan rilis ini saya senang, karena saya tidak terpatok di satu hal yang sama. Mau bagaimanapun hasilnya nanti, setidaknya saya tahu saya melakukan sesuatu secara bebas.”

Selanjutnya, bicara soal lagu yang punya makna spesial, Cakra Khan menyebut lagu ciptaan Alffy Rev yang berjudul Rindu Tak Bersuara.

“Dari semuanya, yang paling bermakna itu Rindu Tak Bersuara. Ini lagu yang paling susah pas rekaman. Karena lagu ini saya dedikasikan untuk mendiang ayah saya,” ujarnya.

“Rekamannya susah itu karena kita kan harus mengatur emosinya, jadi makna lagunya itu bisa tersampaikan.”

Lewat album DIVINE, Cakra Khan juga berkolaborasi dengan rekannya sesama musisi, Ade Govinda. Keduanya berduet di lagu berjudul Kamu Adalah.

“Kita udah kerja sama sejak lama, dari 2014. Ya akhirnya di trek Kamu Adalah kita bisa berkolaborasi bersama, yang jadi trek terakhir di album ini,” kata Ade.

Selain dua lagu di atas, album DIVINE terdiri dari lagu Broken Symphony, Salah Tapi Baik, Kepada Hati, Cahaya, Tennessee Whiskey, Take The Pain, Tak Sejalan, Memilih Dia, Coming Home, Nanti, Sehebat Apapun Cinta, Get Together, dan Persinggahanmu.

Di album barunya, Cakra Khan bekerja sama dengan Petra Sihombing selaku produser. Tidak hanya itu, masih banyak nama lain yang ikut terlibat, seperti Aisha Retno, Jaz Hayat, Mario G Klau, Tohpati, Mario Kacang, Ahmad Fredy, NSG, Yefta James, Roommate Project, dan Nomaden.

Sebagai informasi, album DIVINE dari Cakra Khan sudah dapat didengar di berbagai platform musik digital.