Bagikan:

JAKARTA - Lagu-lagu dari Cole Porter, The Threepenny Opera, Ma Rainey dan banyak lagi lainnya kini telah memasuki domain publik.

Tanggal 1 Januari diperingati sebagai Hari Domain Publik di Amerika Serikat ketika hak cipta atas ribuan karya seni dan suara habis masa berlakunya.

Artinya, karya tersebut dapat dipindahkan ke properti publik untuk digunakan secara gratis. Seni – termasuk buku dan film – berusia 95 tahun dan musik 100 tahun.

Lagu-lagu seperti 'Mack the Knife' dan 'When You're Smiling' dari The Threepenny Opera (lirik oleh Mark Fisher dan Joe Goodwin dan musik oleh Larry Shay) bebas digunakan tanpa hak cipta.

Yang juga dikelompokkan dalam kategori ini adalah lagu hit Cole Porter tahun 1928 'Let's Do It (Let's Fall in Love)'. Lagu ini ditampilkan dalam kesuksesan musikal Broadway-nya, Paris, dan tersedia bagi siapa saja untuk menggunakan, merekam, menyisipkan, dll.

Meskipun versi asli Porter dari lagu tersebut berada dalam domain publik, rekaman selanjutnya oleh Ella Fitzgerald dan Lady Gaga tidak dan tetap memiliki hak cipta.

Simak beberapa komposisi musik dan rekaman suara yang kini berada dalam domain publik di bawah ini.