Bagikan:

JAKARTA - Paul McCartney mengungkapkan bagaimana Hamlet karya William Shakespeare secara tidak sadar menginspirasi lagu The Beatles, Let It Be.

McCartney bercerita tentang asal muasal lagu hit Fab Four pada 1970-an itu dengan menunjukkan bahwa ibunya, Mary McCartney mengucapkan kalimat “let it be" kepadanya dalam mimpi.

Dalam sebuah episode podcast McCartney: A Life in Lyrics, Macca mengungkapkan bagaimana Hamlet mungkin menginspirasi lagu tersebut tanpa dia sadari.

“Pada masa itu [di sekolah], saya harus menghafalkan pidato. Jadi saya masih bisa bicara sedikit ‘to be or not to be’, atau ‘O that this too too solid flesh’,” ujarnya.

“Dan baru-baru ini saya diberitahu bahwa Hamlet, ketika dia diracuni, dia benar-benar berkata, 'let it be' – babak kelima, adegan kedua. Dia mengatakan 'let it be' untuk pertama kalinya, lalu untuk kedua kalinya dia berkata, ‘Had I but time — as this fell sergeant, Death, Is strict in his arrest — oh, I could tell you. But let it be Horatio'," dia melanjutkan.

“Saya tertarik karena saya mengetahui kata-kata itu ketika saya sedang mempelajari Shakespeare sehingga bertahun-tahun kemudian ungkapan itu muncul di hadapan saya dalam mimpi bersama ibu saya yang mengucapkannya.”

Ibu McCartney meninggal karena kanker pada tahun 1956 ketika sang bassis berusia 14 tahun. Berbicara tentang mimpinya di mana ibunya mengucapkan kalimat tersebut kepadanya, dia berkata: “Senang sekali bisa mengunjunginya lagi. Saya merasa sangat diberkati memiliki mimpi itu. Jadi itu membuat saya menulis Let It Be.”