Mengingat Kembali Saat Paul McCartney Menulis <i>Hey Jude</i> Untuk Anak John Lennon
The Beatles (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, 26 Agustus lebih dari setengah abad  lalu The Beatles merilis megahit mereka, Hey Jude. Tembang ini menjadi salah satu yang  paling populer di dunia. Paul McCartney membuat lagu ini dengan perasaan paling jujur untuk menghibur putra John Lennon yang sedang pilu.

Hey Jude ditulis oleh Paul McCartney dengan masukan dari John Lennon. Single ini mendulang sukses besar setelah dirilis. Ia memuncaki tangga lagu AS selama sembilan minggu. 

Mengutip Rolling Stone, Hey Jude adalah lagu dari The Beatles yang paling hangat, paling ramah, dan paling dengan hati yang terbuka. John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr terdengar benar-benar selaras. Meski demikian, lagu itu adalah lagu yang lahir dari konflik. Hey Jude juga dirilis empat hari setelah Ringo keluar dari The Beatles.

Sebelumnya Paul McCartney menulis lagu ini dengan judul Hey Jules. Lagu tersebut dimaksudkan untuk menghibur anak dari John Lennon yang berusia 5 tahun, Julian Lennon, selama perceraian orang tuanya. Karena McCartney menyukai lagu pertunjukan, dia mengubahnya menjadi 'Jude' yang terinspirasi dari karakter 'Jud' dalam musikal Oklahoma. Julian Lennon juga menegaskan hal ini dalam buku yang ditulis Steve Turner berjudul 'The Stories Behind Every Beatles Song.' 

“Paul mengatakan kepadaku bahwa dia memikirkan keadaanku, tentang apa yang aku alami, dan apa yang harus aku lalui. Paul dan aku dulu sering nongkrong, lebih sering daripada dengan ayahku. Tampaknya ada lebih banyak foto aku dan Paul bermain pada usia itu daripada aku dan ayah," kata Julian Lennon.

Proses rekaman tidak mudah 

Tidak mudah untuk melakukan rekaman Hey Jude. Paul dan George sempat bertengkar hebat tentang bagian gitar. Ketika mereka memulai proses rekaman terakhir pada 31 Juli, Paul memulai tanpa menoleh ke belakang dan tidak menyadari bahwa tidak ada orang di bagian drum. 

"Hey Jude berlangsung selama berjam-jam sebelum drum masuk dan ketika saya melakukannya, saya tiba-tiba merasa Ringo berjingkat melewati punggung saya dengan agak cepat, mencoba untuk mendapatkan drumnya. Dan saat dia memainkan drumnya, boom boom boom, waktunya benar-benar sempurna," kata Paul McCartney. 

Namun ia menganggap kecelakaan itu sebagai pertanda baik. "Ketika hal-hal itu terjadi, Anda akan tertawa dan bola lampu di kepala Anda padam dan Anda berpikir, 'Inilah keputusannya!' Dan Anda menambahkan sedikit lagi ke dalamnya.”

Video musik untuk Hey Jude lalu dirilis pada 4 September. Klip tersebut sangat populer di mana para penonton berkumpul di sekitar piano untuk bernyanyi bersama. Video tersebut semacam reuni: kembalinya Ringo. Setelah dia berhenti pada 22 Agustus, dia melarikan diri ke Mediterania, bersembunyi bersama keluarganya di kapal pesiar Peter Sellers. Ringo Starr bergabung kembali pada saat syuting video; keesokan harinya, dia kembali ikut mengerjakan White Album di Abbey Road.

Berikut ini adalah lirik dari lagu Hey Jude.

Hey Jude, don't make it bad
Take a sad song and make it better
Remember to let her into your heart
Then you can start to make it better

Hey Jude, don't be afraid
You were made to go out and get her
The minute you let her under your skin
Then you begin to make it better

And anytime you feel the pain, hey jude, refrain,
Dont carry the world upon your shoulders.
For well you know that its a fool who plays it cool
By making his world a little colder.

Hey jude, dont let me down.
You have found her, now go and get her.
Remember to let her into your heart,
Then you can start to make it better.

So let it out and let it in, hey jude, begin,
Youre waiting for someone to perform with.
And dont you know that its just you, hey jude, youll do,
The movement you need is on your shoulder.

Hey jude, dont make it bad.
Take a sad song and make it better.
Remember to let her under your skin,
Then youll begin to make it
Better better better better better better, oh.

Na na na na na, na na na, hey jude...